2023, Total Trafik Data Indosat di Sumatra Capai Lebih dari 2,7 TB

Pelanggan di Sumatra capai 16 juta

Medan, IDN Times- Kinerja cemerlang dicatat Indosat Ooredoo Hutchison sepanjang 2023. Termasuk di wilayah Sumatra.

Sepanjang dua belas bulan tahun 2023 (FY2023), jumlah pelanggan Indosat di region Sumatra meningkat 3,6 persen. Termasuk di dalamnya wilayah Sumut.

Hal itu diungkap dalam laporan tahunan Indosat. Saat ini total pelanggan di Sumatra mencapai lebih dari 16 juta pelanggan, dengan total trafik data lebih dari 2,7 juta TB.

1. Penambahan jumlah BTS 4G di region Sumatra sebesar 63 persen

2023, Total Trafik Data Indosat di Sumatra Capai Lebih dari 2,7 TBBTS Indosat (Dok.Indosat)

Terdapat penambahan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G di region Sumatra yang meningkat sebesar 63 persen dari periode yang sama tahun 2022 atau sebanyak 37 ribu sites.

Hal ini merupakan strategi transformasi Indosat dari Telco ke TechCo. Total di seluruh Indonesia, Indosat meningkatkan jumlah BTS 4G sebesar 30,7 persen YoY, menjadi 179 ribu sites di seluruh Indonesia.

Indosat juga menyelesaikan proses integrasi jaringan di lebih dari 46 ribu sites hanya dalam waktu satu tahun dengan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Dengan penerapan teknologi ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Peningkatan kualitas layanan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik data yang kuat sebesar 14,8 persen YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB).

2. Total pendapatan Rp51,2 triliun

2023, Total Trafik Data Indosat di Sumatra Capai Lebih dari 2,7 TBIndosat Ooredoo Hutchison Catat Pendapatan 2023 Diangka Rp51,2 TriliunIndosat Ooredoo Hutchison Catat Pendapatan 2023 Diangka Rp51,2 Triliun (Dok. IOH)

Hal ini membuat Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY). Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan.

Pendapatan Selular tumbuh 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23 persen YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

3. Adopsi teknologi dan kolaborasi jadi kunci

2023, Total Trafik Data Indosat di Sumatra Capai Lebih dari 2,7 TBDok.IOH

Belanja modal Indosat tercatat sebesar Rp12,7 triliun yang sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis selular serta perluasan jangkauan jaringan hingga ke daerah perdesaan dan terpencil.

Dalam perjalanan menuju perusahaan teknologi, Indosat juga terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi sejumlah pelanggan aset milik MNC Play dalam rangka mempertegas langkahnya di bisnis Home Broadband (HBB).

Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pelanggan HBB menjadi 336,9 ribu di akhir 2023. Sedangkan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi milik Indosat, myIM3 dan bima+ turut meningkat pesat sebanyak 8,6 juta YoY menjadi 37,7 juta pengguna, mencerminkan potensi bisnis digital yang menjanjikan.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca Juga: 5 Cara Cek Pulsa Indosat dengan Mudah dan Gratis, Simak!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya