Comscore Tracker

Fundemic, Motor Custom Siar Victory Dipajang di Museum Vespa Bali

Pemuda Sumut ini dapat tantangan saat menang di Italia

Medan, IDN Times- Museum Vespa pada Gelaran Vespa World Days (VWD) 2022 diresmikan di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Kamis lalu. Dalam gelaran itu, pemuda asal Sumatra Utara, Siar Victory, menampilkan motor custom buatannya dengan menggunakan mesin vespa yang diberi nama Fundemic.

"Nama ini saya angkat dari pandemik dua tahun yang sudah melanda dan tidak membuat saya berhenti berkarya. Sesuai dengan slogan dilarang mengeluh," kata Siar Victory.

1. Karya Siar dipajang di Museum Vespa di AB•BC Building

Fundemic, Motor Custom Siar Victory Dipajang di Museum Vespa BaliIstimewa/IDN Times

Fundemic dikonsep dengan perpaduan style cruiser dan skinny chopper, bagian belakang softail, kemudian bagian depan old skool dengan springer. Ia pun memastikan motor ini nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Motor tersebut dipajang di Museum Vespa di AB•BC Building.

Baca Juga: Siarkansyah Ubah RX King 'Si Motor Bandit' Jadi Bermesin Listrik

2. Siar dapat tantangan sebagai honorable acceptance karena sebelumnya menang kompetisi di Italia

Fundemic, Motor Custom Siar Victory Dipajang di Museum Vespa BaliSiarkansyah Singarimbun dengan motor customnya (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ia mengungkapkan, semula ia berhasil mengikuti kompetisi di Italia. Kemudian, ia diberikan tantangan dari panitia Vespa World Days (VWD) 2022 untuk membuat motor custom dalam gelaran VWD 2022. 

"Kita dapat tantangan sebagai honorable acceptance karena kemarin kita menang kompetisi di Italia. Jadi dikasih tantangan sama panitia VWD dari Medan buat motor custom tapi harus mesinnya Vespa dan kita cuma dikasih waktu satu Minggu," ujarnya. 

"Kami terima tantangannya, ini satu kehormatan karena dari Indonesia yang mendapat undangan itu hanya kita Sumatra Utara," tambah Siar.

3. Siar menggunakan mesin Vespa Excel

Fundemic, Motor Custom Siar Victory Dipajang di Museum Vespa BaliSiarkansyah Victory bersama Wagub Sumut Ijeck saat gelaran Vespa World Day di Bali (Dok.istimewa)

Dalam memodifikasi chopper ini, Siar menggunakan mesin Vespa Excel. Namun diakuinya, memodifikasi dengan waktu seminggu bukan lah hal yang mudah. 

Berbagai tantangan dialaminya, pertama, bagaimana motor custom menggunakan mesin vespa dan akhirnya dimodifikasi dengan mesin donor dari Vespa Excel. "Kemudian, tantangan yang kedua adalah waktu yang hanya dikasih seminggu tapi akhirnya bisa selesai juga," ucapnya.

"Terakhir, bagaimana motor ini dalam waktu seminggu selesai satu Juni dan tanggal tujuh Juni harus sudah di Bali. Tapi bersyukur bantuan kawan-kawan semua tantangan ini bisa dihadapi semua. Terima kasih VWD 2022, N-4, MSC-SU, Chopper Medan, Tobasari dan semua tim yang membantu," tuturnya.

4. Ijeck: Karya ini menunjukkan bahwa Sumatra Utara tidak kalah dalam kreativitas anak-anak mudanya

Fundemic, Motor Custom Siar Victory Dipajang di Museum Vespa BaliWagub Sumut Musa Rajekshah melihat museum vespa di Bali (Dok.Istimewa)

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah yang juga membuka secara resmi Museum Vespa VWD 2022 memberikan apresiasi sebesar-besarnya ke Siar Victory.

"Ini prestasi yang membanggakan karena hanya Sumatra Utara yang diberi tantangan sebagai honorable acceptance memodifikasi motor custom dengan mesin vespa dan dipajang di museum," ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub Sumut.

Ia pun berharap anak-anak muda di Sumut yang punya hobi di dunia otomotif untuk terus berkegiatan positif.

"Karya ini menunjukkan bahwa Sumatera Utara tidak kalah dalam kreativitas anak-anak mudanya. Tentu ini jadi satu sumbangsih dalam membawa nama baik Sumatra Utara," ujar Ijeck.

Baca Juga: Resmikan Museum Vespa di Bali, Ijeck Kagum Ada Koleksi dari Tahun 1948

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya