Comscore Tracker

Dear Cewek, Hindari 4 Hal Ini saat Berkendara Motor Biar Tetap Aman

Utamakan safety riding ya, Girls!

Medan, IDN Times - Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, zaman sekarang, tidak sedikit wanita yang memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai kendaraan harian. Namun sayangnya masih banyak dari mereka yang abai dengan keselamatannya saat berkendara.

Karenanya Honda mengajak para wanita untuk terus membekali diri tidak hanya dengan pengetahuan tentang cara berkendara yang aman dan nyaman, namun juga perlu mengetahui kebiasan tidak baik yang sering dilakukan wanita saat berkendara.

1. Jangan rem mendadak

Dear Cewek, Hindari 4 Hal Ini saat Berkendara Motor Biar Tetap AmanIDN Times/Daruwaskita

Pertama, tidak jarang wanita menghentikan motor mereka secara tiba-tiba yang mengakibatkan pengendara di belakangnya kaget dan juga harus melakukan pengereman secara mendadak.

Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya, karena itu hindari kebiasaan buruk tersebut dan mulailah untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depan saat akan melakukan pengereman.

Baca Juga: Safety Riding, Ini Teknik Menyalip untuk Pengendara Sepeda Motor

2. Memutar balik arah kendaraan tanpa melihat ke arah belakang

Dear Cewek, Hindari 4 Hal Ini saat Berkendara Motor Biar Tetap AmanIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Kedua, seringkali para wanita memutar balik arah kendaraan mereka tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Dimana mereka memutar balik arah kendaraan tanpa melihat ke arah belakang dan langsung membelokan motornya, sehingga hal ini dapat berdampak buruk terhadap keselamatannya.

Mulailah untuk membiasakan melihat ke kiri, ke kanan, dan ke belakangan ketika akan memutar balik arah motor, demi keselamatan diri dan juga pengguna jalan yang lain.

3. Jangan menggunakan rok terlalu lebar dan melambai

Dear Cewek, Hindari 4 Hal Ini saat Berkendara Motor Biar Tetap AmanIlustrasi perempuan berkendara sepeda motor (Dok. IDN Times)

Ketiga, ketika berkendara baiknya jangan menggunakan rok terlalu lebar dan melambai. Karena rok model seperti itu dapat masuk ke sela rantai jeruji motor dan mengakibatkan pengendara terpental ke aspal.

Maka kenakanlah pakaian yang tepat saat berkendara, seperti halnya celana panjang yang dilengkapi dengan jacket, dan kenakan sepatu yang nyaman sehingga tidak mengganggu kelincahan saat berkendara.

4. Hindarilah mengenakan perhiasan berlebihan saat berkendara

Dear Cewek, Hindari 4 Hal Ini saat Berkendara Motor Biar Tetap AmanSafetyriding (Dok. IDN Times)

Keempat, keinginan untuk tampil cantik saat naik motor memang tidak dilarang, namun harus tetap memikirkan dampak buruk yang mungkin terjadi.

Namun hindarilah mengenakan perhiasan berlebihan saat berkendara, karena hal tersebut dapat menarik niat buruk para pelaku kejahatan.

Ismed Risya menambahkan. wanita merupakan sosok penting dalam kehidupan, selain menjadi benteng utama dalam keluarga, para wanita juga merupakan pencetak para generasi bangsa. Karenanya, dengan semangat Satu Hati, Honda akan terus berupaya menumbuhkan keasadaran para wanita untuk tidak hanya #Cari_aman saat berkendara, namun juga menjadi duta keselamatan berkendara bagi keluarga, dan lingkungannya.

Baca Juga: Generasi Millennial Ditantang Adu Kreativitas Kampanye Safety Riding

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya