Mudik Naik Mobil Listrik, Ini 10 Lokasi SPKLU di Sumut

Mulai banyak masyarakat yang gunakan mobil listrik di Sumut

Medan, IDN Times- Pemudik di Sumatra Utara yang menggunakan mobil listrik, tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Kini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki sembilan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Sumatra Utara.

Poltak Reynold Priyadi, Assistant Manajer Sales Representative Bidang Niaga & Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) UID Sumut mengatakan pihaknya mendukung pertumbuhan mobil listrik di wilayah Sumatra Utara. Adapun upaya yang dilakukan adalah percepatan infrastruktur melalui SPKLU. Ia menyebutkan, di Sumut sudah ada 10 titik SPKLU yang telah beroperasi. 

1. Catat lokasinya berikut ini

Mudik Naik Mobil Listrik, Ini 10 Lokasi SPKLU di SumutStasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Foto PLN

Pembangunan SPKLU yang kian masif lantaran kini mulai banyak masyarakat yang menggunakan mobil listrik di Sumut. Adapun lokasi SPKLU yang tersebar di beberapa wilayah yakni SPKLU Medan Kota, SPKLU di City View Polonia Medan, SPKLU HVT Amir Hamzah Medan, SPKLU Rantau Prapat, SPKLU Parapat, SPKLU Berastagi, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Pangururan, SPKLU Balige, dan SPKLU Binjai.

"Kami melihat pertumbuhan mobil listrik sangat pesat, jadi kami mendukung Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). Sudah sangat disiapkan untuk membangun infrastruktur," ujarnya saat peluncuran Mobil Listrik MG4 EV, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Kini Ada Stasiun Kendaraan Listrik Umum di Binjai, Ini Lokasinya

2. Salah satu mobil listrik yang mengaspal di Kota Medan adalah MG4 EV

Mudik Naik Mobil Listrik, Ini 10 Lokasi SPKLU di SumutSalah satu mobil listrik yang mengaspal di Kota Medan adalah Morris Garage. (IDN Times/Istimewa)

Salah satu mobil listrik yang mengaspal di Kota Medan adalah MG4 EV dari Morris Garage. Merek mobil global yang terkenal dengan inovasi dan teknologi ramah lingkungan ini meluncurkan listrik terbarunya di kota Medan.

Arief Syarifudin - Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, peluncuran ini menjadi langkah berani MG untuk mendukung visi kota Medan yang lebih hijau dan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

"MG4 EV adalah mobil listrik yang mengusung desain modern dan futuristik, serta didukung oleh teknologi canggih yang akan membawa pengalaman berkendara yang unik dan berkelas. Dilengkapi dengan motor listrik yang efisien dan baterai berkualitas tinggi," ujarnya.

3. Pengguna MG4 EV mengisi daya baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit

Mudik Naik Mobil Listrik, Ini 10 Lokasi SPKLU di SumutMobil Listrik MG4 EV resmi mengaspal di Kota Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Lebih lanjut, Mr. Zhang Wei Wei - Vice Managing Director MG Motor Indonesia menjelaskan, MG4 EV memiliki jangkauan yang cukup jauh, sehingga cocok untuk mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. "Salah satu fitur unggulan MG4 EV adalah teknologi pengisian cepat yang memungkinkan pengguna mengisi daya baterai hingga 80 persen hanya dalam waktu 30 menit, memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, MG4 EV juga dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan terkini, termasuk sistem pengereman regeneratif, kamera belakang, dan sistem peringatan tabrakan, yang menjadikan mobil ini sebagai pilihan yang aman dan cerdas.

Peluncuran MG4 EV di kota Medan juga sejalan dengan komitmen MG untuk mendukung
penggunaan energi bersih dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Dalam upaya untuk mempercepat transisi ke mobilitas berkelanjutan, MG bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, untuk menghadirkan infrastruktur pengisian listrik yang lebih luas dan mudah diakses bagi pengguna mobil listrik di kota Medan.

Baca Juga: Ujicoba Mobil Listrik DFSK, Medan-Parapat Cuma Habis 38 Persen Baterai

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya