Comscore Tracker

52 Komunitas Ikuti Jambore Otomotif Gawean Overlanding Indonesia Sumut

Siap eksplore Pantai Pakkodian di pinggiran Danau Toba

Medan, IDN Times- Overlanding Indonesia Sumatra Utara akan menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba pada 23-25 September 2022 mendatang. Sebanyak 53 komunitas motor dan mobil yang terdiri dari 866 peserta sudah mendaftar untuk menyemarakkan kegiatan ini.

Overlanding Indonesia sendiri merupakan komunitas penggemar touring, traveling, penulis dan fotographer untuk turut mengeksplore keindahan wisata di Indonesia. Termasuk di Sumatra Utara. Hal itu disampaikan Ketua Overlanding Indonesia, Irmansyah Lubis dalam sesi temu pers di Jalan Rajawali Medan.

"Kita harapkan Jambore Otomotif Indonesia menjadi trigger bagi komunitas lain agar ikut mengeksplore dan melestarikan destinasi wisata di Sumut," ujar Irmansyah, Sabtu (3/9/2022).

1. Pantai Pakkodian, tempat indah yang belum terjamah

52 Komunitas Ikuti Jambore Otomotif Gawean Overlanding Indonesia SumutOverlanding Indonesia Sumatra Utara akan menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) (IDN Times/Doni Hermawan)

Pantai Pakkodian, di Desa Lintong Nihuta, Toba merupakan lokasi yang indah namun belum terjamah. Ini adalah salah satu sisi indah Danau Toba yang ditemukan. 

“Ini adalah jambore pertama dan terbesar bagi komunitas motor dan mobil di Sumatera Utara. kami ingin mengadakannya di tempat yang istimewa. Pantai Pakkodian adalah lokasi yang ideal, karena lokasinya sangat memanjakan pengunjung,” kata Ketua panpel, Rahmad Frimagus Gogo.

Para pengunjung dapat menikmati air danau yang jernih, berkemah di tanah yang datar, serta menikmati suasana alam yang sangat asri.

"Pemerintah Kabupaten Toba memang tengah merancang Pantai Pakkodian sebagai kawasan wisata andalan di wilayah itu. Letaknya hanya sekitar 2-3 kilometer dari Balige.  Overlanding Indonesia Sumut telah tiga kali melakukan survei di lokasi itu hingga akhirnya memutuskan kegiatan Jambore dipusatkan di kawasan tersebut," tambah Wakil Ketua Panpel, Ahmadi.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Sepatu Berkendara Offroad yang Paling Tepat dan Aman

2. 52 komunitas juga berasal dari provinsi lain dan akan digelar berbagai perlombaan

52 Komunitas Ikuti Jambore Otomotif Gawean Overlanding Indonesia SumutOverlanding Indonesia Sumatra Utara akan menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu 52 komunitas yang akan ikut juga tidak hanya berasal dari Sumatra Utara. Namun juga dari Pelembang, Padang hingga Aceh.

“Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 52 komunitas, 30 di antara komunitas mobil dan sisanya komunitas sepeda motor. Masing-masing komunitas maksimal terdiri dari 20 orang. Dari nama yang sudah mendaftar, jumlah peserta sudah mencapai 866 orang,” kata Gogo.

Para komunitas itu mengaku antusias bergabung di acara Jambore nanti karena kegiatan itu merupakan silaturrahmi pertama bagi para pegiat otomotif di Sumatera. Selain itu tidak dipungut bayaran alias gratis.

Panitia Jambore menyiapkan konsumsi dan tenda bagi para peserta selama kegiatan berlangsung. Untuk memeriahkan acara, akan berlangsung berbagai permainan tradisional dan lomba yang bisa diikuti para komunitas. 

Ada permainan Margalah, permainan Engrang, lomba Tarik Tambang, lomba Fotografi, pagelaran Seni Tradisional, dan sebagainya. Di penghujung acara bakal ada undian berhadiah dengan hadiah satu unit sepeda motor.

Pembina Overlanding Indonesia yang juga Mantan Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan yang terpenting dari kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. "Sumber distribusi pendapatan paling efektif itu di sektor wisata. Sayang sekali Sumut potensi alamnya luar biasa belum dieksplorasi maksimal. Padahal jadi sumber pendapatan warga setempat. Jadi Danau Toba itu tidak hanya Parapat, Paropo dan lain-lain. Ada Pakkodian. Masyarakat setempat akan terbantu dengan adanya kegiatan," ujar Akhyar.

3. Sekilas tentang Overlanding Indonesia Sumut

52 Komunitas Ikuti Jambore Otomotif Gawean Overlanding Indonesia SumutOverlanding Indonesia Sumatra Utara akan menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) (Dok/Istimewa)

Pemerintah Kabupaten Toba mendukung penuh Jambore itu karena sejalan dengan visi mereka untuk meningkatkan daya tarik wisata di wilayah itu.

“Kita berharap kerjasama dengan Overlanding Indonesia bisa mendorong lebih banyak wisatawan datang ke daerah kami,” kata Sesmon TB Butar-Butar, Plt. Kepala Dinas Infokom Kabupaten Toba.

Sekilas tentang Overlanding Indonesia Sumut yang merupakan komunitas penggemar wisata dan touring yang kerap menjelajahi berbagai kawasan wisata di berbagai pelosok negeri. Komunitas ini didirikan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Jakarta karena ketertarikan terhadap berbagainya menjelajahi kawasan wisata di Tanah Air. 

"Keberadaan ini sama sekali tidak ada interaksi dengan komunitas kegiatan politik.  Overlanding Indonesia murni untuk mewadahi keinginan para penggemar touring yang cinta terhadap budaya daerah dan terpanggil ikut mempromosikan potensi wisata di tanah air," kata Ahmadi.

Anggota Overlanding Indonesia tidak hanya dari kalangan komunitas motor dan mobil, tapi juga dari kelompok penggemar photografi, penulis wisata, penyuka traveling dan mereka yang hobbi camping di tempat-tempat yang eksotis.

Baca Juga: Cerita Pecinta Mobil Offroad Lawas di Medan, Anggap Kekasih Sendiri

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya