Lion Air Surabaya-Jeddah Terpaksa Mendarat di Bandara Kualanamu Medan

Gara-gara wilayah udara Sri Langka ditutup sementara

Medan, IDN Times – Warga Kota Binjai keheranan melihat satu pesawat beberapa kali berkeliling di atas langit mereka, Senin (11/3/2024) malam. Peristiwa ini pun menjadi perbincangan di lini masa media sosial.

Belakangan diketahui pesawat itu adalah milik Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106. Menurut keterangan resmi Lion Air, pesawat itu berasal dari Surabaya menuju Jeddah, namun terpaksa mendarat di Bandara Internasional Kualanamu.

“Pesawat melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu,” kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air, dalam keterangan resminya.

Danang menjelaskan, ini pengalihan ini dilakukan karena adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di sana. 

“Pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif merupakan prosedur standar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan,” ungkapnya.

Danang juga mengklarifikasi bahwa pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif ini bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat.

Sebelum mendarat, pesawat melakukan holding (terbang mengelilingi) di udara untuk beberapa waktu dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar.

“Hal ini adalah langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi berat pesawat saat melakukan pendaratan,” katanya.  

Setelah mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, rencananya pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani.

“Seluruh prosedur yang diambil ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat,” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 1445 H Wilayah Medan dan Sekitarnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya