Comscore Tracker

Bandara Kualanamu Belum Buka Penerbangan Internasional

Manajemen masih rampungkan regulasi

Deli Serdang, IDN Times – Sejak 6 April 2022, pemerintah sudah menerbitkan surat edaran terkait penerbangan internasional di beberapa bandara internasional. Meski Bandara Kualanamu, Deli Serdang masuk dalam daftar 10 bandara yang sudah melayani penerbangan internasional. Namun belum dijalankan.

Manager of Airport Operation & Service Bandara Internasional Kualanamu Ermansyah Saragih mengungkapkan, sampai hari ini pihak PT Angkasapura II Bandara Kualanamu masih melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Hal itu seiring dengan terbitnya kembali surat edaran Kemenhub Nomor 42 tahun 2022, yang mengubah kembali aturan perjalanan luar negeri dari surat edaran sebelumnya.

“Kami sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi terkait persiapan Bandara Kualanamu dibuka sebagai Entry point. Sesuai dengan surat edaran nomor 17 dari Satgas COVID -19 dan Kemenhub nomor 42 itu kan sudah dibuka Kualanamu sebagai entry point sejak 5 April. Jadi, dari segi SDM, fasilitas, kami sudah mempersiapkan dengan cukup baik. Sebelumnya kami sudah rapat koordinasi dengan Lo Satgas Covid -19 Sumut, Otoritas bandara, KKP, Seluruh airlines, dan agen travel umrah, BP2MI, dan isntansi terkait melakukan kesepakatan,” ujar Ermansyah, Kamis (07/04/2022).

1. Regulasi tengah dirampungkan

Bandara Kualanamu Belum Buka Penerbangan InternasionalPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ermansyah mengatakan, pihaknya akan merampungkan  aturan perjalanan luar negeri sesuai surat edaran terbaru. Di antaranya, terkait mekanisme pemeriksaan sampel tes rapid PCR serta masa karantina bagi WNI maupun WNA yang datang ke Indonesia.

“Hari ini kami rapat terakhir untuk memastikan flow sesuai dengan SE yang terbaru. Karena waktu rapat dulu kami rencana ambil sampel swab di kedatangan. Tapi, kan saat ini ketika penumpang yang suhunya di atas 37,5 derajat atau penumpang masih dosis vaksin I itu yang diambil sampel swab dan PCR-nya di kedatangan. Serta yang masih dosis 1 itu dilakukan karantina terpusat baik untuk WNI maupun WNA,” katanya.

Baca Juga: Sudah Vaksin, Penumpang Pesawat via Kualanamu Wajib PCR atau Antigen

2. Kualanamu sudah siap untuk menerima perjalanan luar negeri

Bandara Kualanamu Belum Buka Penerbangan InternasionalSuasana Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara, di tengah pandemik COVID-19 yang tak kunjung mengalami penurunan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Meski pun  belum ada kepastian Kualanamu akan membuka perjalanan luar negeri, namun pihak bandara sudah siap. Baik dari sisi Sumber Daya Manusia hingga fasilitas pendukung.

“Kami memastikan bahwa flow untuk keberangkatan dan kedatangan perjalanan internasional di Bandara Kualanamu hari ini. Tapi, kalau persiapan – persiapan kami sudah siap sejak 14 Februari, kemudian kami rapat pada maret dan 1 April lalu,” tegas Ermansyah.  

3. Berikut 10 bandara yang bisa melayani perjalanan internasional sesuai aturan Kemenhub

Bandara Kualanamu Belum Buka Penerbangan InternasionalPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelumnya, kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyatakan bahwa pelaku perjalanan luar negeri dapat memasuki wilayah Indonesia di sepuluh bandara internasional. Ketentuan tersebut diatur dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19, berlaku mulai 6 April 2022.

Sepuluh bandara internasional tersebut antara lain, Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Bandara Juanda di Jawa Timur, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Hang Nadim di Batam Kepulauan Riau, Bandara Raja Haji Fisabilillah di Bintan Kepulauan Riau, Bandara Sam Ratulangi di Sulawesi Utara, Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Nusa Tenggara Barat, Bandara Kualanamu di Sumatera Utara, Bandara Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan, dan Bandara Internasional Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Layanan Tes COVID-19 di Bandara Kualanamu Ditutup Mulai Besok

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya