Comscore Tracker

Hari Pertama Dibuka saat Pandemik, Begini Suasana di Medan Zoo 

Tetap mematuhi protokol kesehatan

Medan, IDN Times - Hari pertama dibukanya Medan Zoo pasca tutup akubat pandemik COVID-19, para pengunjung terlihat membludak. Untuk itu, pihak Manajemen telah menerapkan protokol kesehatan dilokasi kebun binatang, Jalan Bunga Rampai Medan, Minggu (5/7).

Setelah tutup selama lebih dari tiga bulan, Medan Zoo kembali dibuka untuk umum. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga warga yang ingin berkunjung diwajibkan seperti mengikuti aturan dengan mencuci tangan, cek suhu tubuh, dan memakai masker di areal Medan Zoo.

Terlihat para lanjut usia (lansia) serta bayi juga ikut serta berada, untuk mengunjungi Medan Zoo. Meskipun sebelumnya, pihak manajemen telah membuat aturan larangan bagi pengunjung dan bayi. Walaupun, usia tersebut sangat rentan terhadap penyakit.

1. Masyarakat tidak takut untuk keluar rumah membawa balita

Hari Pertama Dibuka saat Pandemik, Begini Suasana di Medan Zoo 

Sutar, salah satu pengunjung asal Deli Serdang sedang membawa balita mengakui tidak takut untuk keluar rumah, meskipun membawa anak kecil.

Menurutnya, dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak sudah cukup untuk mencegah COVID-19.

“Kita kesini hiburan, kita pakai masker dan cuci tangan. Gak ada, asal jaga jarak aja,” ucap Sutar.

Baca Juga: Tolak RUU HIP, Massa Bakar Gambar Palu Arit dan Babi Bermoncong Putih

2. Antusias, Ratusan pengunjung memadati areal Medan Zoo

Hari Pertama Dibuka saat Pandemik, Begini Suasana di Medan Zoo 

Tercatat pada hari pertama, sudah ratusan pengunjung keluar masuk areal Medan Zoo yang memiliki lahan seluas 30 Hektar dengan koleksi dua ratusan satwa yang dipelihara Medan Zoo.

Hendri Pangestu selalu Manajer Medan Zoo menjelaskan pihaknya akan terus melakukan evaluasi setiap harinya. Hal ini guna menerapkan protokol kesehatan, mengingat kota Medan masih dalam zona merah.

“Seperti yang kita lihat, antusiasme para pengunjung agak sedikit berkurang, tapi kami sudah pasang spanduk dibenerapa titik ada 10 titik. Tapi sudah mulai ramai, ada sekitar 200an,” jelasnya.

3. Jam operasional pengunjung Medan Zoo dibatasi

Hari Pertama Dibuka saat Pandemik, Begini Suasana di Medan Zoo 

Untuk jam operasional tetap dibatasi. Meskipun telah dibuka untuk umum yang dimulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Selain itu, setiap harinya pihak Medan Zoo akan melakukan penyemprotan disenfektan di areal kandang satwa.

“Mungkin untuk hari pertama kita tutup jam 5 sore, tapi loket jam 4. Jadi jam 5 bersih-bersih lingkungannya, jam 5 pokoknya udah bersih-bersih. Kalau pengunjungnya bertambah lagi kita akan evaluasi, mungkin standar Satgas COVID jam 5 hari libur, jam 4 hari biasa,” tambahnya.

Baca Juga: Gawat! Jenazah PDP COVID-19 Dibawa Kabur dari RS Pirngadi Medan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya