Comscore Tracker

Zainuddin Purba: Musda Partai Golkar Sumut Sah Secara Konstitusi

Tidak ada dua kubu dalam arena musyawarah

Binjai, IDN Times - Riak-riak yang terjadi saat Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golkar disikapi Sekretaris Pimpinan Sidang Zainuddin Purba.

Zainuddin, yang juga menjabat sebagai ketua Partai Berlogo Bringin Kota Binjai berkeyakinan Musda itu sah menurut AD/ART, PO dan Juklak Partai.

Apalagi, sebagai salah seorang pimpinan sidang, dirinya menyaksikan secara langsung bahwa semua unsur sah nya sebuah Musda Golkar itu hadir. "Ada unsur DPP, unsur DPD I, unsur DPD Kab/Kota, Unsur Organisasi Pendiri, Didirikan dan Sayap Tingkat Propinsi," kata Zainuddin, Selasa (25/2).

1. Persidangan dilaksanakan sesuai dengan keputusan peserta

Zainuddin Purba: Musda Partai Golkar Sumut Sah Secara KonstitusiBobby Nasution menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai bakal calon Wali Kota Medan dari Golkar Sumut, Senin (20/1) (Dok. IDN Times)

Dijelaskannya, semua tahapan persidangan dilaksanakan sesuai dengan keputusan peserta dengan berpedoman kepada tata tertib (Tatib) yang sudah disepakati. Bahkan, ketika sampai persidangan paripurna ke IV, dengan agenda pemilihan Ketua Golkar Prov.Sumut, hanya satu kader yang mendaftarkan diri.

"Yaitu, saudara Yasir Ridho Lubis dengan membawa surat dukungan sebanyak 34 suara dari 39 jumlah suara peserta secara keseluruhan. Sehingga, secara otomatis ditetapkan langsung menjadi Ketua Golkar Sumut secara aklamasi," jelas Sekjen pimpinan sidang Musda x Golkar Sumut tersebut.

2. Tidak ada dua kubu dalam arena musyawarah

Zainuddin Purba: Musda Partai Golkar Sumut Sah Secara KonstitusiAhmad Yasir Ridho Lubis terpilih aklamasi memimpin DPD Golkar Sumut periode 2020-2025 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dirinya mengatakan, bahwa dalam arena musyawarah, peserta yang hadir tidak ada dua kubu dan tidak ada yang melakukan interupsi. Sehingga secara umum berjalan lancar, tertib, aman dan penuh dengan keakraban.

"Saya hanya melihat bahwa ini adalah dinamika dan riak-riak kecil dari begitu banyak suara yang harus kita dengar dari kader Golkar di luar arena Musda," tutur Zainuddin Purba sembari berkata bahwa tidak mudah memperbaiki partai sebesar partai Golkar ini ke arah perubahan yang mendasar karena kepentingan politiknya begitu banyak.

3. Musda sudah sah secara konstitusi Partai Golkar

Zainuddin Purba: Musda Partai Golkar Sumut Sah Secara KonstitusiYasir Ridho (tengah) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Golkar Sumut 2020-2025 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Zainuddin selaku Sekretaris Pimpinan Sidang Musda X Partai Golkar ini, yang juga Seketaris Fraksi Golkar DPRD Sumut, memastikan Musda ini sudah sah secara konstitusi Partai Golkar.

"Berita ini sebagai counter atas berita miring tentang Musda X Partai Golkar Prov.Sumut. Sebagai tambahan,saya pastikan Ketua Umum tidak akan menganulir hasil Musda yg sudah berjalan dengan penuh kekeluargaan ini," kata dia dengan tegas.

Baca Juga: [BREAKING] Pilkada Medan 2020, Golkar Sumut Dukung Menantu Jokowi 

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya