Hari Bersih se-Dunia, WCD Sumut Bersihkan Sampah di Istana Maimun

Aksi bersih sampah ini serentak di 193 negara

Medan, IDN Times- Dalam memeringati hari bersih-bersih se-dunia, World Cleanup Day (WCD) Sumut menggelar aksi bersih sampah di Istana Maimun pada Minggu (17/9/2023).

Aksi yang serentak yang diikuti 193 negara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Yuliana Siregar serta diikuti oleh 650 relawan dari berbagai komunitas hingga masyarakat.

Aksi bersih sampah ini disebar menjadi tiga titik di sekitar Istana Maimun. Pertama berada di sebelah kanan, titik kedua berada di Jalan Brigjend Katamso menuju ke Masjid Raya Al Mashun, dan ketiga di Jalan Brigjend Katamso menuju Jalan H. Ani Idrus.

1. Berhasil mengumpulkan 94 kantong sampah

Hari Bersih se-Dunia, WCD Sumut Bersihkan Sampah di Istana MaimunAksi bersih sampah di sekitaran Istana Maimun berhasil mengumpulkan 94 kantong sampah (IDN Times/Taufik Syahputra)

Melalui aksi ini, Leader WCD Sumut Silvia Decmerry Natalia Gea menyebutkan bahwa berhasil mengumpulkan sampah sebanyaknya 94 kantong sampah.

"Aksi bersih terkumpul dengan total 94 kantong sampah yaitu 80 kantong sampah residu dan 14 kantong sampah terpilah," katanya Silvia.

2. Sampah yang terkumpul akan dikelola oleh Bank Sampah Dinas LHK Sumut

Hari Bersih se-Dunia, WCD Sumut Bersihkan Sampah di Istana MaimunPemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatra Utara sebagai simbolis acara aksi bersih sampah dimulai (IDN Times/Taufik Syahputra)

Yuliana Siregar mengatakan bahwa sampah-sampah yang terkumpul dan bisa diproses akan dikelola oleh Bank Sampah Dinas LHK Provinsi Sumut.

Tak hanya menerima sampah saja, bank sampah ini juga menjadi sarana edukasi khususnya bagi generasi muda.

"Nanti sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan akan kita proses dan nanti yang akan kita buang ke TPA adalah sampah yang tidak bisa kita proses," jelas Yuliana

"Perlu saya sampaikan bahwa Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah membentuk bank unit sampah di dinas LHK dan bank sampah itu bukan hanya untuk menerima sampah saja tapi akan kami gunakan untuk sarana edukasi bagi generasi muda," jelasnya lagi.

3. Jangan sebatas acara seremoni saja

Hari Bersih se-Dunia, WCD Sumut Bersihkan Sampah di Istana MaimunPara volunteer sedang menyusuri jalan sekaligus mengutip sampah di sekitaran Istana Maimun (IDN Times/Taufik Syahputra)

Melalui aksi bersih sampah ini, Silvia berharap agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan serta tidak hanya sebatas seremoni saja.

"Harapan saya untuk masyarakat khususnya Sumatra Utara agar kiranya tingkat kesadaran kita akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan kita terus meningkat, jangan hanya sebatas seremoni untuk hari ini saja," ungkapnya.

Baca Juga: Kisah Nenek 105 Tahun Tak Sudi Direlokasi dari Kampung Rempang 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya