Sumut Punya 3 Juta Hektare Sawit, Edy : Tak Ada Cerita Tak Ada Migor

NTP Sumut dinilai yang tertinggi di Indonesia

Medan, IDN Times – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki sekitar 3 juta hektare perkebunan kelapa sawit. Produksi minyak gorengnya dalam setahun bisa mencapai 280 ribu ton dan kebutuhan masyarakatnya hanya 180 ribu ton setahun. Karena itu, tidak ada alasan minyak goreng langka di daerah ini.

"Sekarang tak ada cerita tak ada minyak (goreng) di Sumut," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada acara Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumut (2020-2025), sekaligus Focus Group Discussion yang dilaksanakan Apkasindo di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, pada Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: Dongeng Berperan Besar untuk Pertumbuhan Otak Anak

1. Gubernur Edy akui telah telah berkoordinasi dengan setiap pihak terkait

Sumut Punya 3 Juta Hektare Sawit, Edy : Tak Ada Cerita Tak Ada MigorGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Sekdaprov Sumut R Sabrina melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama pada lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (11/5/2021). (Istimewa/Dinas Kominfo Provinsi Sumut)

Gubernur Edy akui saat ini dirinya telah berkoordinasi dengan setiap pihak terkait, termasuk juga dengan aparat penegak hukum, agar ketersediaan minyak goreng di Sumut tidak kurang. Hal itu dilakukannya untuk kepentingan rakyat. "Ini sudah kita atur, " katanya.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga meminta Apkasindo sebagai asosiasi yang berhubungan langsung dengan kelapa sawit untuk bersama-sama pemerintah menyejahterakan rakyat. Menurutnya, kelapa sawit saat ini merupakan primadona utama penunjang pemasukan negara, selain batubara dan Migas.

2. Apkasindo akan membuat pabrik kelapa sawit (PKS) rakyat di Sumut

Sumut Punya 3 Juta Hektare Sawit, Edy : Tak Ada Cerita Tak Ada MigorGubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar menjawab pertanyaan wartawan, di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan (Istimewa/IDN Times)

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Apkasindo Gulat ME Manurung mengatakan, Apkasindo akan membuat pabrik kelapa sawit (PKS) rakyat di Sumut. PKS tersebut akan terintegrasi dengan pabrik minyak goreng.

Pabrik tersebut nantinya akan membantu pemerintah dalam hal penyediaan CPO dan minyak goreng. "Ini tonggak sejarah pabrik kelapa sawit pertama untuk rakyat yaitu di Sumut, " kata Gulat.

3. Nilai Tukar Petani (NTP) Sumut dinilai yang tertinggi di Indonesia yakni mencapai 196

Sumut Punya 3 Juta Hektare Sawit, Edy : Tak Ada Cerita Tak Ada MigorGubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Walikota Medan Bobby Nasution mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Senin (25/10/2021). (Veri Ardian/Diskominfo Sumut)

Sementara, Gulat mengatakan Nilai Tukar Petani (NTP) Sumut merupakan yang tertinggi di Indonesia yakni mencapai 196. "Tertinggi dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya.

Pengurus DPW Apkasindo Sumut (2020-2025) yang dikukuhkan antara lain, Ketua Gus Dulhari Harahap, Sekretaris Arif Ripai, Wakil Ketua Aripay Tambunan dan Waluyo Hadi.

Baca Juga: Ini Pesan Marquez dan Espargaro untuk Pebalap Astra Honda

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya