Berkat Pandemik Corona, Wortel Tanah Karo Tembus Pasar Dunia

Malaysia jadi importir terbesar

Medan, IDN Times -  Produksi wortel asal Kabupaten Karo, Sumatra Utara melimpah selama pandemik COVID-19. Selain memenuhi kebutuhan di provinsi, wortel asal dataran tinggi itu juga menembus pasar ekspor.

Ekspor dilakukan mulai Semester I 2020. "Selain produktivitas yang tinggi, produk pertanian asal sub sektor hortikultura ini juga sehat dan aman dari hama penyakit tumbuhan sehingga memiliki daya saing di pasar ekspor, " kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil melalui keterangan tertulisnya, Senin (27/7/2020).

1. Wortel Karo berlayar ke Malaysia, Singapura dan Timor Leste

Berkat Pandemik Corona, Wortel Tanah Karo Tembus Pasar DuniaEkspor wortel Sumut menunjukkan kinerja positif selama pandemik COVID-19. (Istimewa)

Catatan Barantan menunjukkan, ekspor wortel menembus tiga negara. Antara lain, Malaysia, Singapura dan Timor Leste.

Frekuensi ekspor mencapai 30 kali. Totalnya mencapai 12,2 ton dengan nilai Rp179 juta.

Malaysia menjadi negara pengimpor terbesar dan rutin selama semester I tahun 2020. Totalnya, ada 25 kali pengiriman dari Sumut.

Ekspor ke Singapura baru mencapai 300 kilogram dalam dua kali pengiriman. Sementara Timor Leste sebanyak 7 ton.

Baca Juga: Viral Jenazah Suspek COVID-19 Pakai Daster, MUI: Gugus Tugas Lemah

2. Wortel Karo terbaik di Indonesia

Berkat Pandemik Corona, Wortel Tanah Karo Tembus Pasar DuniaEkspor wortel Sumut menunjukkan kinerja positif selama pandemik COVID-19. (Istimewa)

Sejauh ini, Kabupaten Karo merupakan salah satu sentra penghasil tanaman wortel kualitas terbaik di Indonesia. Kementan melalui direktorat teknisnya dan dinas pertanian  Sumut terus berupaya meningkatkan kualitas, perluasan pasar dan pendapatan petani dengan penggunaan benih unggul dan sarana pertanian modern.

"Pada tahun 2019 Kementerian pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan, sudah pernah menyertifikasi ekspor wortel dengan skala kecil ke negara Jepang, dan hanya sebagai contoh. Di tahun 2020 inilah kita baru benar-benar ekspor wortel ke Malaysia dan Singapura," ujar Hasrul, Kepala Karantina Pertanian Belawan.

Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler kedua setelah kentang, karena mengandung vitamin A yang tinggi. Wortel termasuk tumbuhan sayur dalam famili Apiaceae, termasuk sayuran yang paling digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya renyah.

Wortel memiliki banyak manfaat, Selain meningkatkan kesehatan mata, kandungan yang ada di dalam wortel juga bisa memberi banyak manfaat lain.

3. Ekspor pertanian menunjukkan kinerja positif selama pandemik

Berkat Pandemik Corona, Wortel Tanah Karo Tembus Pasar DuniaEkspor wortel Sumut menunjukkan kinerja positif selama pandemik COVID-19. (Istimewa)

Selama COVID-19 ekspor produk pertanian tidak berhenti. Meskipun sempat tersendat selama masa pembatasan. Namun kinerjanya terus menunjukkan sinyal positif.

Bahkan BPS menyebutkan untuk kinerja ekspor di bulan Juni 2020 mencapai peningkatan yang tinggi dengan angka USD 12,03 miliar. Capaian ini meningkat 15,09 persen dibandingkan Mei 2020 yang mencapai USD 10,53  miliar.

"Kita dorong peningkatan produksi sekaligus kinerja ekspornya. Tidak hanya volume ekspor, tapi juga jumlah eksportir dan ragam ekspornya yang juga kita pacu," pungkas Jamil.

Baca Juga: Viral! Jenazah Pasien Suspek COVID-19 Dikubur Masih Pakai Baju Daster

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya