2 Pelajar asal Sidimpuan dan Madina Jadi Paskibraka di Istana Merdeka

66 orang akan bertugas jadi Paskibraka Sumut

Medan, IDN Times -Dua putra-putri daerah asal Sumut akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara. Putra dan putri tersebut berasal dari dua sekolah di kabupaten yang berbeda di Sumut yakni SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal.

Mario Adhiyaksa Sihombing dari SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dan Marfah Ronaito Batubara-Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal.

"Dari Tabagsel keduanya. Says berpesan lakukan yang terbaik sebagai duta di Sumut. Pasti mereka sudah dibekalai karena mereka sudah dibekali dari sini," kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

1. 66 orang anggota Paskibraka Sumut dilantik

2 Pelajar asal Sidimpuan dan Madina Jadi Paskibraka di Istana MerdekaGubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Paskibraka Sumut 2022, Senin (15/8/2022). (Dok: Diskominfo Sumut)

Edy juga melantik 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Senin (15/8/2022).

Seluruh anggota Paskibraka merupakan putra – putri terbaik hasil seleksi dari 33 Kabupaten/kota yang ada di Sumut. Mereka akan bertugas mengibarkan bendera pusaka merah putih di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2022 yang rencannya akan digelar di Lapangan Astaka Pancing.

Baca Juga: Golkar Sumut Sesalkan Tudingan Edy Soal Tak Dukung Pembangunan

2. Edy berharap Paskibraka bisa menjalankan tugas dengan baik

2 Pelajar asal Sidimpuan dan Madina Jadi Paskibraka di Istana MerdekaGubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Paskibraka Sumut 2022, Senin (15/8/2022). (Dok: Diskominfo Sumut)

Edy juga  memberikan pesan kepada Paskibraka. Dia berharap, Paskibraka bisa  menjalankan tugas dengan maksimal.

"Anda berkumpul jadi satu, bertekat dan bergelora untuk mengibarkan bendera pusaka merah putih di hari kemerdekaan 17 Aguatus 2022 yang ke-77 Tahun. Kalian ada team work. Beberapa waktu lalu kalian dilatih. untuk itu kami senior-senior kalian yakin dan percaya kalian bisa melaksanakan tugas ini dengan baik," pesan Edy.

3. Menjadi Paskibraka adalah kebanggaan

2 Pelajar asal Sidimpuan dan Madina Jadi Paskibraka di Istana MerdekaGubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik Paskibraka Sumut 2022, Senin (15/8/2022). (Dok: Diskominfo Sumut)

Bagi Edy, menjadi anggota paskibraka adalah suatu kebanggan. Tidak sedikit  yang memiliki keinginan untuk  bisa mengibarkan bendera merah putih pada hari kemerdekaan.

Sebagai generasi penerus menurut mantan Ketua PSSI ini tidak lebih mudah dari generasi pejuang. Maka harus menjalin kekompakan dan terus dibina dalam misi Republik Indonesia.

"Jadi, sudah 2 tahun kita tidak melakukan ini (paskibraka) karena Pandemi Covid-19. Nah, tahun ini kita lalukan dengan memanggil duta-duta kita ini untuk melakukan pengibaran bendera merah putih untuk menunjukkan rasa cinta, setia kepada negara Indonesia RI. Inilah yang dilakukan oleh generasi penerus kita," jelasnya.

Kemerdekaan sendiri menurut Edy Rahmayadi adalah lengkap sandang, pangan artinya merdeka sejahtera. Itulah juga cita-cita negara.

"Semua negara memiliki cita-cita yang sama. Seperti yang saya ucapkan diawal generasi pejuang, namun saat ini kita pada generasi-generasi penerus. Maka harus kita kejar apa yang menjadi kesejahteraan rakyat di Sumut ini," ungkap Edy.

Baca Juga: Perampok yang Bunuh Nenek di Tebing Tinggi Ditangkap, Usianya 17 Tahun

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya