Dokter di Simalungun Meninggal karena COVID-19, Bupati: Dia Pahlawan

Menambah daftar dokter Sumut yang meninggal karena corona

Simalungun, IDN Times – Seorang dokter yang selama ini bertugas sebagai kepala Puskemas Parbutaran di Kabupaten Simalungun meninggal dunia karena terpapar virus corona atau COVID-19. Almarhum Jhon Edward F Sipayung meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih, Selasa (18/8/2020) tengah malam.

Sebelumnya dokter ini sudah sempat menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit di Medan setelah dinyatakan positif COVID-19. Dan setelah dinyatakan sembuh, almarhum pun diperbolehkan pulang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan sekaligus melakukan isolasi mandiri.

Namun tanggal 18 Agustus 2020, almarhum kembali sakit dan masuk RSUD Djasamen Saragih, Kota Pematangsiantar. Hasil swab dinyatakan positif terpapar COVID-19.

1. Bupati Simalungun turut memberangkatkan jenazah dari RSUD Djasamen Saragih

Dokter di Simalungun Meninggal karena COVID-19, Bupati: Dia PahlawanIbadah singkat di RSUD Djasamen Saragih sebelum dikebumikan (IDN Times/Patiar Manurung)

Sesuai dengan protokol kesehatan, almarhum langsung dimakamkan tetapi terlebih dahulu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama keluarga melaksanakan ibadah singkat secara agama Kristen di area rumah sakit. Dan selesai ibadah, petugas baru mengeluarkan jenazah dari ruangan kemudian dimasukkan ke mobil ambulans. Almarhum ini meninggalkan satu orang istri dengan dua orang putra, dan satu putri.

Bupati Simalungun JR Saragih menyampaikan ucapan rasa turut berdukacita kepada keluarga. Orang nomor satu di Simalungun itu didampingi Sekda, Kadis Kesehatan, seluruh kepala Puskemas Simalungun dan sejumlah pejabat lainnya. “Tentu kami banyak kenangan, almarhum teman seperjuangan kami, mulai dari terjadi Covid-19 kami selalu bersama-sama untuk menangani pasien yang terdampak COVID-19,” ucap JR Saragih nada sedih, Rabu (19/8/2020).

Baca Juga: Sumut Berduka, Dokter Muda Gugur Dalam ‘Perang’ Melawan COVID-19

2. Pemkab Simalungun menyerahkan santunan sebesar Rp300 juta

Dokter di Simalungun Meninggal karena COVID-19, Bupati: Dia PahlawanBupati Simalungun turut melepas pemberangkatkan almarhum ke pemakaman (IDN Times/Patiar Manurung)

Dalam kesempatan ini, JR Saragih langsung menyerahkan santunan kepada keluarga sebesar Rp 300 juta sebagaimana diamankan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bupati Simalungun mengatakan, walau besaran santunan tidak akan sebanding dengan kehidupan, tetapi bupati berharap kepada keluarga bisa memanfaatkan dana tersebut untuk memperjuangan masa depan anak almarhun dalam meraih masa depan atau cita-citanya.

"Sesuai amanat perundang-undangan bahwa tenaga medis yang meninggal dunia akan diberikan santunan atas jasanya menanggulangi masalah COVID-19. Maka untuk menjalankan amanat itu, kami dari Pemerintah Kabupaten Simalungun memberikan penghargaan kepada yang bersangkutan dan santunan sebesar Rp 300 juta kepada pihak keluarga," kata JR Saragih.

3. Bupati Simalungun nyatakan almarhum sebagai pahlawan

Dokter di Simalungun Meninggal karena COVID-19, Bupati: Dia PahlawanBupati Simalungun JR Saragih memberikan penghormatan kepada almarhum (IDN Times/Patiar Manurung)

Mengingat keaktifan Almarhum dr John Edward Faridol Sipayung dalam melaksanakan tugas di masa pandemi COVID-19, Bupati Simalungun mengangkat almarhum sebagai pahlawan kesehatan COVID-19. Hal ini juga dilihat dari seringnya almarhum melakukan kontak langsung dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga dia menjadi korban.

"Almarhum ini sangat aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik itu memberikan pencerahan dan penyuluhan kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 bersama dengan Pangulu, Bhabinsa, Babhinkamtibmas, Bidan Desa, sehingga saat kita melakukan kegiatan rapid test di wilayah puskesmas yang dipimpin almarhum, cuma ada dua orang yang dinyatakan reaktif,” kata JR Saragih.

Baca Juga: 2 Meninggal Dalam Sehari, Sudah 8 Dokter Sumut Gugur Karena COVID-19

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya