Comscore Tracker

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban Banjir

Pembalut untuk wanita juga penting

Medan, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (31/12) sore hingga malam, menyebabkan ibu kota lumpuh terendam banjir. Banjir tak hanya merendam jalanan tapi juga pemukiman di berbagai wilayah. 

Akibatnya banyak warga yang terjebak di rumah masing-masing dan ada pula yang memilih untuk dievakuasi. Melihat kondisi ini, tentu banyak masyarakat yang turut prihatin dan segera ingin mengulurkan tangan untuk memberi bantuan kepada korban banjir.

Sebenarnya, bukan hanya uang saja yang diperlukan para korban. Selain uang, berikut 5 hal yang bisa kamu salurkan untuk mereka. Apa saja? Yuk simak!

1. Para korban banjir juga membutuhkan selimut, pembalut wanita, popok bayi, hingga stok celana dalam

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban Banjirpinterest .com

Kebutuhan pertama yang diperlukan korban banjir adalah pakaian. Banjir yang merendam rumah warga tentu saja mengakibatkan warga porak-poranda. Bahkan kebanyakan pengungsi tak sempat membawa baju. Mungkin saja mereka juga hanya memakai pakaian yang hanya dikenakan di badan saja.

Nah, untuk kamu yang ingin membantu para korban. Kamu bisa memberi pakaian. Tapi, tak perlu sampai membongkar lemari. Hanya pakaian yang penting saja ya. Selain itu, para korban banjir juga membutuhkan selimut, pembalut wanita, popok bayi, hingga stok celana dalam. 

2. Warga juga membutuhkan tim medis untuk membantu mereka jika sewaktu-waktu mengalami kondisi kesehatan yang menurun

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban BanjirIlustrasi (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kondisi kesehatan dalam keadaan banjir terkadang tidak terjaga baik. Dengan kondisi ini, penyakit akan bermunculan. Agar tidak menjadi sarana penyebaran penyakit, obat-obatan diperlukan dalam kondisi ini. 

Selain itu, warga juga membutuhkan tim medis untuk membantu mereka jika sewaktu-waktu mengalami kondisi kesehatan yang menurun. 

Baca Juga: Ngenes! 13 Potret Mobil Terjebak Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

3. Dianjurkan untuk memberi makanan dan minuman instan ya. Seperti roti, biskuit dan susu instan yang bisa langsung diminum

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban Banjirnuffoodsspectrum.asia

Dalam kondisi banjir, akan banyak yang memberikan bantuan makanan dan minuman kepada korban. Ini memang penting. Karena daya tahan tubuh bisa menurun saat kedinginan dan kelaparan, mereka juga tetap membutuhkan pasokan makanan dan minuman. Tapi dianjurkan untuk memberi makanan dan minuman instan ya. Seperti roti, biskuit dan susu instan yang bisa langsung diminum tanpa diseduh terdahulu. 

4. Jika tidak punya materi dan uang untuk membantu para korban banjir, kamu bisa memberikan tenagamu sebagai sukarelawan

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban BanjirTim gabungan polisi dan sukarelawan saat menelusuri bagian tubuh balita tanpa kepala. (Dok. Info Taruna Samarinda)

Kebutuhan selanjutnya adalah tenaga kamu. Jika tidak punya materi dan uang untuk membantu para korban banjir, kamu bisa memberikan tenagamu sebagai sukarelawan. Seperti menjadi sukarelawan di posko-posko pengungsian. Namun, jika kamu memilih menjadi sukarelawan yang mengevakuasi korban. Kamu harus lebih hati-hati ya guys.

Menjadi sukarelawan di posko-posko pengungsian tentu saja juga bisa menambah pengalamanmu. Langsing mengevakuasi korban, menghibur anak-anak, menyalurkan makanan, dan merawat manula merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan di posko pengungsian.

5. Jika kamu ingin memberikan bantuan bahan mentah, kamu bisa langsung memberikan ke posko-posko pengungsian ya guys

Selain Uang, 5 Hal Ini Bisa Kamu Berikan untuk Korban BanjirIDN Times/Candra Irawan

Aktivitas-aktivitas yang biasa dilakukan tentu saja akan terganggu karena banjir. Pakaian saja tak sempat terselamatkan, apalagi alat-alat dapur. Dikeadaan ini, para korban tak punya akses untuk memasak bahan mentah. Jika kamu ingin memberikan bantuan bahan mentah, kamu bisa langsung memberikan ke posko-posko pengungsian ya guys. 

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir? Ini 5 Cara Pertolongan Pertamanya

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya