Donasi Laptop untuk Pesantren, Upaya Dukung Desa Digital di Sumut

Mendorong peningkatan literasi digital

Medan, IDN Times- Manajemen XL Axiata mendonasikan puluhan laptop untuk dibagikan kepada pondok pesantren di Sumatra Utara. Donasi dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Program Desa Digital Nusantara guna mendorong digitalisasi, termasuk peningkatan literasi digital, di kalangan masyarakat desa.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi menyampaikan, saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan.

"Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren," ujarnya, Sabtu (16/4/2022).

1. Pondok pesantren yang menerima donasi laptop adalah Pesantren Yatim An-Nursali

Donasi Laptop untuk Pesantren, Upaya Dukung Desa Digital di SumutShutterstock/patat

Pondok pesantren yang menerima donasi laptop adalah Pondok Pesantren Yatim An-Nursali. Ponpes yang telah berdiri sejak tahun 2011 ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 4, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Sedikitnya ada sekitar 200 santri yang belajar di pondok pesantren yang dikelola oleh Yayasan Ralas Ananda ini. Salah satu program pemberdayaan masyarakat desa yang dijalankan di pesantren ini adalah pengajian bersama ibu-ibu dan bapak-bapak yang dilaksanakan seminggu sekali, pemberdayaan masyarakat pesantren melalui pembinaan ekonomi pesantren serta mendakwahkan Islam melalui media sosial.

Baca Juga: Sumut Dorong Andaliman ke Pasar Global, Targetkan 1.000 Hektare Lahan

2. Pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi

Donasi Laptop untuk Pesantren, Upaya Dukung Desa Digital di SumutIDN Times/Galih Persiana

Menurut Desy, pondok pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi yang semakin masif di berbagai bidang, termasuk di sektor ekonomi dan sosial, serta area layanan publik.

Literasi digital yang terus meningkat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, antara lain agar dapat memanfaatkannya guna meningkatkan produktifitas, serta akses ke layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, sosial. Donasi laptop dan sarana akses internet XL Axiata disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa sebagai bagian dari keseriusan XL Axiata dalam ikut menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital.

3. Selain itu, XL Axiata juga membagikan puluhan paket sembako

Donasi Laptop untuk Pesantren, Upaya Dukung Desa Digital di SumutIDN Times/Holy Kartika

Pondok pesantren yang terpilih sebagai penerima donasi diharapkan akan menjadi motor penggerak digitalisasi serta dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di sektor Pendidikan Pesantren.

Selain itu, dalam rangka melaksanakan aksi sosial bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan, XL Axiata juga membagikan puluhan paket sembako kepada Pondok Pesantren Yatim An-Nursali.

Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika, Group Head People Development XL Axiata, Nashrudin Ismail, dan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi menyerahkan secara simbolis donasi laptop dan sembako tersebut di Medan, Kamis (14/4/2022).

Selain laptop, kepada para penerima donasi, XL Axiata juga memberikan router dan sarana akses internet gratis sebesar 20GB setiap bulannya selama satu tahun. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital.

Baca Juga: Gubernur Edy: Perda untuk Maksimalkan Penanganan HIV/AIDS di Sumut 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya