Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua Hilang

Enam penyelam dikerahkan untuk mencari

Madina, IDN Times - Satu unit mobil jenis minibus mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Lintas Sumatera kilometer 76-77 jurusan Kota Panyabungan menuju Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa (25/6).

Dalam laka tunggal itu, mobil travel merek Suzuki APV warna abu-abu, bernomor polisi BA 1606 VN, masuk ke dalam Sungai Batang Natal, Kelurahan Simpang Gambir, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal. Penumpang mobil dikabarkan ada yang meninggal dunia dan beberapa masih dilakukan pencarian.

Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji saat dikonfirmasi wartawan terkait laka tunggal tersebut membenarkannya. Ia mengatakan sebelum kejadian, mobil berpenumpang itu datang dari arah Panyabungan dan hendak menuju Sumatera Barat.

"Iya benar, begitu melintas di TKP, mobil tersebut jatuh ke Sungai Batang Natal, tepatnya di depan Bank BRI," kata Irsan.

1. Lima korban dalam keadaan hidup, satu meninggal dunia dan dua masih dalam pencarian

Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua HilangDok.IDN Times/istimewa

Perwira berpangkat dua melati di pundaknya itu menjelaskan, akibat kejadian itu mobil rusak berat dan delapan orang menjadi korban. Namun, lima korban sudah ditemukan dalam keadaan hidup, satu meninggal dunia dan dua lagi dinyatakan hilang dan masih dilakukan pencarian.

"Kalau mobilnya tadi sore sudah diangkat. Bisa jadi, sewaktu kejadian kaca depan mobil pecah dan dua korban lainnya terbawa arus sungai. Harapannya dua korban itu berhasil ditemukan," ungkap Irsan.

Baca Juga: [BREAKING] Dibakar Anak Tirinya, Nek Inem Embuskan Napas Terakhir

2. Sopir dinyatakan selamat namun melarikan diri

Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua HilangDok.IDN Times/istimewa

Saat ini, lanjut Irsan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut. Termasuk mencari sopir yang mengemudikan mobil rental itu. "Pasca kejadian sopirnya melarikan diri dan masih dalam pencarian," jelas Irsan.

3. Berikut data korban selamat, meninggal dunia dan hilang

Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua HilangDok.IDN Times/istimewa

Kelima korban yang masih dalam keadaan hidup yakni, Yusrizal (54), Tukirin (56), Salwan (51), Diki Handoko (33), Husein (40). Kelimanya tercatat sebagai warga Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai. Sementara korban meninggal dunia bernama Syamsul Bahri (55) warga yang sama dengan lima korban selamat.

"Kelima korban selamat sudah dirawat di RS Simpang Gambir, sedangkan yang meninggal dunia sedang dalam perjalanan menuju rumah duka," beber Irsan.

4. Pencarian 2 korban yang hilang dilanjutkan hari ini

Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua HilangDok.IDN Times/istimewa

Kepala BPBD Mandailing Natal M Yasir saat dikonfirmasi juga membenarkan bahwa proses evakuasi sudah berhasil dilakukan. Ia menyebut ada sembilan orang di dalam mobil, di antaranya delapan penumpang dab satu sopir.

BPBD Madina menurunkan 10 petugas untuk mencari dua korban yang hilang, dan sampai saat ini belum berhasil ditemukan.

"Besok pencarian akan dilanjutkan dengan menurunkan Basarnas dari Sibolga yang mampu menyelam untuk mencari korban. Informasinya enam penyelam yang sering bertugas di Danau Toba dikerahkan," ujar Yasir.

5. Mobil jatuh sekitar 10 meter ke lubuk sungai

Mini Bus Terjun ke Sungai, Seorang Penumpang Tewas dan Dua HilangDok.IDN Times/istimewa

Yasir menjelaskan proses evakuasi sempat mengalami sedikit kendala. Alasannya karena mobil jatuh sekitar 10 meter lebih tepat ke lubuk sungai. Akan tetapi, berkat kerja keras petugas akhirnya para korban berhasil ditemukan. Dua korban lagi yang masih dalam pencarian.

"Dugaan kita keduanya hilang karena terbawa derasnya arus sungai," jelas Irsan.

Baca Juga: Santunan Korban Kebakaran Pabrik Korek Gas Harus Sama dengan BPJS

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya