Comscore Tracker

Keseruan Millennial Sumut Membuat Terrarium dari Kaktus

Mudah dilakukan dan hasil menawan

Medan, IDN Times - Hobi baru buat para Millenials di kota Medan muncul, yaitu Terrarium Kaktus. Hobi ini dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas kawula muda dengan hasil yang menawan dilihat.

Terrarium Medan menggelar workshop gratis untuk para penerima give awaydengan belasan orang yang dimentori oleh Maria dan Susandi, yang digelar di The Wahid Private Residence Medan.

Salah satu peserta yang merupakan mahasiswi, Diana Iskandar (20) dari Universitas Sumatera Utara, Fakultas Farmasi mengatakan baru pertama mengikuti hobi baru seperti ini dengan tujuan untuk mengembangkan kreatifitasnya.

"Pastinya ilmu baru ya, karena kita di farmasi gak ada belajar kayak ginian. Jadi kenapa senang dengan terarrium, karena ngelihatnya aja itu bikin natural life gitu. Ngelihatnya enak dilihat untuk diruangan belajar jadi ya suka aja," tutur Diana.

1. Uji kesabaran

Keseruan Millennial Sumut Membuat Terrarium dari KaktusIDN Times/Indah Permata Sari

Seni Terrarium dengan tanaman kaktus ini butuh tingkat kesabaran yang ekstra, dikarenakan tumbuhan serta batu kerikil harus tertata dengan cantik.

Selain itu, uji kesabaran ini juga dikarenakan wadah yang mini dengan peralatan yang mini juga.

"Kita kan buat ini harus desain ya, gimana supaya secara visual itu enak dipandang. Jadi saya merasa menguji kesabaran dengan detail-detailnya supaya bagus dilihat," ungkapnya

Baca Juga: Inkubasi Terrarium Kaktus di Medan, Terapi Millennial Hilangkan Penat

2. Kembangkan kreativitas

Keseruan Millennial Sumut Membuat Terrarium dari KaktusIDN Times/Doni Hermawan

Asiknya dalam menanam terrarium kaktus ini ternyata tak hanya kesabaran yang dibutuhkan. Namun, mengembangkan kreatifitas juga dilakukan saat membuat tanaman didalam wadah kaca berukuran mini tersebut.

"Menguji kreativitas, sejauh apa kreativitas kita dalam menanam dengan ukuran mini seperti ini," ujarnya.

Para peserta diajarkan secara bertahap untuk membuat tanaman kaktus menjadi terrarium yang didekorasi dengan teknik yang mudah karena berada di level pemula.

3. Natural life

Keseruan Millennial Sumut Membuat Terrarium dari KaktusIDN Times/Indah Permata Sari

Terrarium yang merupakan tanaman didalam wadah berupa gelas kaca mini tentu terlihat cantik dan mengesankan. Nah, tanaman seperti ini sering digunakan untuk menghias rumah dan menjadikan nuansa rumah menjadi istimewa di berbagai sudut.

"Natural life banget, membuat nyaman untuk dilihat" ujarnya.

Menurut Susandi sebagai mentoring dalam workshop untuk perawatan tanaman ini sangat mudah. Hanya disuntik dengan spuit 2 minggu sekali di sekitaran tanaman dengan ukuran 5 ml, tapi tergantung ukuran dan tanaman. Tidak dibolehkan untuk menyiram tanaman setiap hari.

Serta pencahyaan dijaga dengan cukup baik, dan ingat, jangan langsung terkena sinar matahari karena dapat merubah warna tanaman.

Baca Juga: Rajut Keberagaman Etnis, Millennial Sumut: Papua Adalah Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya