Comscore Tracker

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!

Melukis adalah keahlian yang gak semua orang bisa

Kegiatan melukis memiliki berbagai manfaat bagi mental dan fisik manusia. Melukis bisa menjadi cara healing yang efektif dan hemat saat kamu penat dan stres. Melukis juga bisa menambah tingkat fokusmu, sehingga kamu bisa berkonsentrasi dengan maksimal. Tentu, ini melatih imajinasi dan kreativitasmu.

Melukis selain menjadi hobi, juga bisa menjadi sarana buat kamu menghasilkan uang. Karya yang kamu peroleh dari goresan tanganmu patut dihargai dengan materi. Daripada memendam bakatmu, kamu bisa menjual produk-produk lukisanmu ke teman-temanmu. Berikut 7 ide lukisan dan gambar yang bisa kamu jual.

1. Gambar potret wajah

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi watercolor portrait (instagram.com/j.hunsung)

Bagi kamu yang sudah ahli dalam menggambar pola wajah, kamu bisa memonetisasi bakatmu dengan menjual lukisan potret wajah. Sekarang, banyak orang membutuhkan gambar potret wajah untuk berbagai keperluan seperti pajangan, kado, atau sampul. Kamu dapat melatih kemampuan sketsamu untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Sehingga, saat memoles dengan cat air bisa dilakukan dengan mudah.

2. Kado lukisan

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi lukisan (blingandbliss.com)

Event wisuda, ulang tahun, dan pernikahan membuat orang-orang berbondong-bondong mencari kado untuk teman mereka. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual lukisan selamat ulang tahun atau wisuda buat mereka. Kamu bisa menggunakan pigura kaca untuk melindungi lukisanmu, dan agar tampilannya lebih estetik. 

3. Greeting atau thank you card

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi greeting card (333grandstreet.com)

Membuat greeting card atau ucapan selamat bisa jadi pilihan buat kamu yang baru memulai bisnis lukis. Tidak membutuhkan banyak modal dan bahan, greeting card hanya perlu kertas dan cat air. Walaupun minim modal kamu bisa tetap mengeksplorasi kreativitasmu. 
Kamu bisa menggabungkan ucapan selamat ini dengan item lain, seperti jilbab, suvenir, atau pernak pernik. Meskipun sudah ada greeting card versi cetak tidak ada salahnya kamu menggunakan greeting atau thank you card dengan buatan tangan. Ini menambah nilai estetikamu di mata pembeli.

Baca Juga: Kenali Dulu 5 Jenis Cat Ini untuk Kamu yang Baru Mulai Melukis

4. Kaligrafi dan lettering

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi kaligrafi (unsplash.com/maryambatool)

Untuk kamu yang jago dalam kaligrafi atau lettering, bisa nih menjadikannya sebagai ladang uang. Kamu tinggal membeli pigura dan kertas yang berkualitas untuk membuat kaligrafi. Jangan lupa juga untuk memilih cat yang sesuai dengan kertas atau kanvas. Ini untuk menghindari kaligrafi cepat rusak.

Banyak yang membutuhkan kaligrafi dan lettering, lho. Selain untuk pajangan dinding di rumah, kamu bisa menawarkan diri kamu untuk mengecat kaligrafi di dekat masjid rumahmu ketika ada renovasi masjid.

5. Bookmark

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi penanda buku (beautifuldawndesigns.net)

Pembaca buku pasti membutuhkan bookmark untuk menandai sampai mana bacaannya. Kamu bisa menawarkan ke teman-temanmu yang kutu buku untuk menggunakan watercolor bookmark. Selain sebagai penanda halaman, bookmark yang bagus bisa meningkatkan minat baca seseorang.

Banyak pola lukisan dan gambar yang bisa kamu cari untuk melukis di bookmark. Kamu bisa menggunakan Pinterest atau Youtube sebagai ladang inspirasi pembuatan bookmark. Tambahkan juga aksesoris seperti tali supaya lebih menarik.

6. Tas custom

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi tas (redbubble.com)

Tas custum dengan cat bisa jadi ide bagus untuk memulai jualan. Kamu bisa menggambar berbagai jenis obyek pada bagian depan tas. Totebag bisa jadi pilihan model tas yang akan dicat. Jenis tas ini paling banyak diminati oleh anak-anak muda.

Kamu perlu memperhatikan jenis cat yang tidak mudah luntur seperti cat akrilik. Cat ini juga tahan air dan tidak mudah mengelupas. Perhatikan pula bahan tas yang akan dipakai. Pilihlah bahan yang kuat dan tidak mudah robek, serta cocok untuk diaplikasikan dengan cat akrilik.

7. Desainer grafis atau ilustrator

7 Ide Menghasilkan Cuan dari Melukis, Dapat Uang Sesuai Hobi!Ilustrasi menggambar (pexels.com/michael-burrow)

Media melukis tidak selalu konvensional dengan kanvas dan cat air. Kamu yang suka menggambar bisa menorehkan hobimu via digital seperti desain grafis. Dengan teknologi yang semakin canggih, kamu bisa melukis melalui aplikasi digital. 

Kamu bisa membuat undangan digital atau pamflet yang bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Memakai desain grafis dan sejenisnya dinilai lebih hemat biaya fisik. Kamu tidak perlu menggunakan kanvas atau cat air. Kamu bisa memulai menggambar di laptop atau tablet. Jasa illustrasi dan desain grafis juga lumayan mahal, tergantung kerumitan dan lama menggambar.

Melukis ternyata bukan hanya kegiatan untuk meningkatkan mood, tetapi juga bisa mendatangkan uang. Kamu dapat menjual lukisan atau gambar dalam bentuk gambar atau foto. Jangan lupa untuk mengunggah setiap karyamu ke media sosial, sehingga kamu bisa menarik pelanggan dari unggahanmu. 

Baca Juga: 10 Potret Kocak Penemuan Low Budget, Kreatif dan Bikin Ngakak!

Ema Endrawati Photo Community Writer Ema Endrawati

Temannya burung hantu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya