Comscore Tracker

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk 

Penemuannya selalu out of the box!

Siapa sih yang tak kenal dengan Elon Musk? Dirinya saat ini disebut-sebut orang paling kaya di dunia loh! Elon sendiri merupakan seorang pebisnis di bidang sains dan teknologi yang berhasil mengembangkan banyak penemuan mengesankan.

Salah satu bisnis paling terkenalnya adalah perusahaan mobil listrik bernama Tesla. Namun ternyata penemuan milik Elon Musk tidak hanya itu loh! Berikut merupakan deretan penemuan Elon Musk yang berhasil membantunya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Yuk disimak!

1. Mobil Listrik Tesla

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk foto mobil listrik tesla (twitter.com/tesla)

Penemuan pertama milik Elon Musk adalah mobil listrik. Persis seperti namanya, mobil ini tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber energi, melainkan mobil ini menggunakan listrik untuk dapat nyala dan melaju.

Dirinya kemudian membangun perusahaan bernama Tesla, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan pertama di dunia yang memproduksi mobil listrik sebagai produk utamanya.

Selain baik untuk lingkungan, mobil ini juga mempunyai sederet teknologi yang canggih didalamnya, salah satunya adalah fitur autopilot. Dengan adanya fitur tersebut, mobil buatan Tesla dapat menuju tempat tujuan yang diinginkan oleh penumpang tanpa harus dikemudikan secara manual. Keren banget ya!

2. Penyimpanan Energi ESS

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk foto penyimpan energi ESS milik Tesla (twitter.com/InsideEVs)

Penemuan selanjutnya dari Elon Musk adalah ESS (Energy Storage System). Secara singkat ESS sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan sejumlah energi yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk sebuah keperluan yang akan datang. Energi yang mampu disimpan di ESS dapat berasal dari energi angin, energi listrik, maupun energi kimia.

Yang menarik dari ESS adalah alat ini merupakan alat berbasis elektrokimia dengan menggunakan baterai litium. Karena sumber energi ESS ini berasal dari baterai litium, maka ESS menjadi trobosan yang ramah lingkungan.

Mungkin bagi beberapa netizen Indonesia sudah mengenal ESS, karena baru-baru ini Elon Musk mengajak Indonesia untuk melaksanakan proyek ESS di Indonesia. Dengan keadaan Indonesia sebagai negara kepulauan, Elon Musk berpendapat bahwa penggunaan ESS akan lebih efisien dibandingkan harus membangun banyak pembangkit listrik sebagai pemasok energi utama.

Baca Juga: Bukan Elon Musk, Ini Daftar 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

3. Roket SpaceX

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk foto roket Falcon 9 milik SpaceX (twitter.com/SpaceX)

Penemuan yang satu ini merupakan penemuan milik Elon Musk yang paling menggemparkan dunia. Setelah berhasil mendirikan perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk kemudian membangun perusahaan penerbangan luar angkasa yang bernama SpaceX.

SpaceX mempunyai misi utama untuk memproduksi roket luar angkasa yang berbeda dari roket luar angkasa lain yang telah diproduksi di dunia, yakni roket hasil produksi SpaceX dapat digunakan berulang kali loh! Ide cemerlang milik Elon ini muncul karena menurutnya penggunaan roket luar angkasa yang hanya sekali pakai dinilai sangat boros, baik boros biaya dan juga energi yang dibutuhkan.

4. Pembayaran Digital

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk logo layanan pembayaran digital PayPal (pymnts.com)

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa sebelum mendirikan beberapa perusahaan besar miliknya, Elon Musk dulunya juga merupakan salah satu pendiri PayPal. Sebelum bernama PayPal, dirinya menamai perusahaan jasa pembayaran online tersebut dengan nama X.com.

Situs tersebut ia dirikan pada tahun 1999 hingga akhirnya X.com diakusisi dan berubah nama menjadi PayPal. Siapa sangka bahwa penemuannya itu menjadi salah satu inovasi besar dan berhasil merevolusi dunia.

5. Chip Otak Neuralink

Seperti Iron Man! Ini Deretan Penemuan Canggih Elon Musk ilustrasi perusahaan Neuralink (tweaktown.com)

Penemuan Elon Musk yang satu ini juga tak kalah keren loh! Pada tahun 2016 dirinya bersama beberapa rekan yang lain mendirikan perusahaan start up yang bernama Neuralink.

Perusahaan ini bergerak di bidang neuroteknologi yang bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan otak manusia biasa. Hal ini dilakukan dengan cara menanamkan sebuah chip kedalam otak manusia dengan harapan chip tersebut dapat mengatasi beragam permasalahan yang ada di dalam otak manusia dengan bantuan kecerdasan buatan.

Nah itu tadi merupakan beberapa penemuan inovatif dari Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia saat ini. Tak sedikit orang yang menyatakan kemiripan Elon Musk dengan salah satu toko ikonik Avengers yakni Iron Man.

Keduanya sama-sama merupakan sosok miliarder yang gemar menciptakan beragam teknologi dan inovasi loh! Jadi bagaimana menurutmu? Kira-kira Elon Musk memang Iron Man dalam dunia nyata gak ya?

Baca Juga: Luhut Temui Elon Musk Bulan Depan, Tagih Janji Investasi

Chiara Malvalena Photo Community Writer Chiara Malvalena

An 18 years old gap year student who fills her spare time by writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya