Comscore Tracker

Yuk 'Ngintip Bareng' Gerhana Bulan Parsial di Medan Malam Ini

Bakal ada salat sunah gerhana berjamaah juga Guys!

Medan, IDN Times - Nonton bareng atau nobar pertandingan sepakbola di layar kaca udah biasa. Nah malam ini bakal ada acara ngintip bareng.

Eits! Jangan negatif thinking dulu. Yang dimaksud adalah ngintip Gerhana Bulan Parsial dari alat bernama teleskop.

Gerhana Bulan Parsial akan terlihat dari Indonesia, khususnya Kota Medan malam ini atau Rabu (17/7) dini hari mulai pukul 01.43 WIB hingga 07.17 WIB. Bulan akan tampak menjadi kemerahan pada sebagian sisinya.

Observatorium Ilmu Falaq (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bakal menggelar nonton bareng gerhana di Kampus Pascasarjana, Jalan Denai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

Warga yang datang akan diperbolehkan mengintip langsung gerhana bulan menggunakan teleskop yang telah disediakan secara bergantian. Serukan! 

1. Siapkan teleskop tercanggih untuk pengunjung yang hadir

Yuk 'Ngintip Bareng' Gerhana Bulan Parsial di Medan Malam IniIDN Times/Prayugo Utomo

IDN Times berkesempatan melihat sejumlah persiapan yang dilakukan OIF UMSU. Mereka sudah memiliki sejumlah teleskop canggih untuk mengamati benda-benda langit.

Untuk gerhana bulan, mereka sudah menyiapkan beberapa teleskop. Pengunjung bisa mengamati pergerakan gerhana bulan melalui teleskop atau layar yang dipajang panitia.

"Teleskop yang kita punya termasuk yang tercanggih di Indonesia," kata Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar, Selasa (16/7).

Baca Juga: Nanti Malam Gerhana Bulan, Ini 5 Mitos yang Masih Sering Dipercaya

2. Nobar akan diselingi salat sunah gerhana berjamaah

Yuk 'Ngintip Bareng' Gerhana Bulan Parsial di Medan Malam Initime.com

Pengunjung diminta hadir sekira pukul 02.00 WIB. Sejumlah acara pun sudah disiapkan. Mulai dari diskusi, pengamatan gerhana bersama, hingga lucky draw.

Yang tak kalah penting adalah acara salat Sunnah gerhana berjamaah.

"Ini kan sunnah nabi. Jadi kita juga memberikan edukasi kepada pengunjung yang hadir," kata Arwin.

3. Gerhana bisa dilihat dengan kasat mata

Yuk 'Ngintip Bareng' Gerhana Bulan Parsial di Medan Malam IniIDN Times/Prayugo Utomo

Selain menggunakan teleskop, kata laki-laki bergelar doktor itu, gerhana bulan Parsial bisa disaksikan dengan kasat mata.

"Bulan akan terrlihat indah dengan  gradasi warna merah di sebagian penampangnya. Bisa juga diamati dengan kamera digital dengan menggunakan lensa tele. Jadi memang terlihat indah," ungkapnya.

Untuk diketahui, gerhana bulan parsial merupakan yang terakhir di tahun ini. Gerhana bakal terlihat di Amerika Selatan,Eropa, Asia, Afrika hingga Australia dan Indonesia.

Baca Juga: Malam Ini Bakal Ada Gerhana Bulan Parsial

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya