Rahudman, Mantan Wali Kota Medan yang Jadi Idola Tukang Sapu Jalan

Fans Rahudman tetap banyak meski berstatus mantan koruptor

Medan, IDN Times - Mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap masih saja diidolakan meski menyandang status mantan koruptor. Berbagai kalangan masyarakat pun masih terus mengunjunginya setelah Rahudman bebas dari penjara beberapa waktu lalu.

Kali ini, Rahudman kedatangan para penyapu jalan di Kota Medan. Mereka mendatangi rumah Rahudman di kawasan Kompleks Setia Budi pada Rabu (8/7/2021). Selama Rahudman menjabat, kelompok penyapu jalan ini memang dekat dengan dirinya.

"Bahkan kita pernah mengunjungi bapak saat di Lapas. Kita berombongan dengan naik becak sampah. Karena kita memang mengidolakan pak Rahudman," ujar Ani.

1. Rahudman dikenal sering mendengar curhat pegawai kecil

Rahudman, Mantan Wali Kota Medan yang Jadi Idola Tukang Sapu JalanRahudman saat ditemui para tukang sapu jalan di Kota Medan. (Istimewa)

Ani pun mulai menceritakan soal sosok Rahudman. Selama menjabat, Rahudman sering menemui mereka saat di lapangan. Ani pun mengingat momentum saat Rahudman melakukan sidak ke Kelurahan Petisah Tengah. Dia menyapa para penyapu jalan dan mengajak berbincang.

"Itu yang membuat kita tidak bisa melupakan pak Rahudman Harahap. Perhatian dan ketegasannya membuat kita salut. Jarang ada pemimpin yang mau turun ke lapangan sekaligus mempertanyakan apa masalah kita," ungkap Ani dengan penuh semangat.

Baca Juga: Perjalanan Kasus Korupsi Rahudman Harahap hingga Bebas dari Penjara

2. Rahudman sering ingatkan soal pentingnya kebersihan kota

Rahudman, Mantan Wali Kota Medan yang Jadi Idola Tukang Sapu JalanRahudman saat ditemui para tukang sapu jalan di Kota Medan. (Istimewa)

Sebelum bertandang ke rumah Rahudman, Ani sudah menghubunginya terlebih dahulu. Dia  mengirimi Rahudman pesan singkat. Ternyata pesan itu berbalas. Mereka langsung disuruh ke rumah Rahudman.

"Banyak yang mau ikut. Terutama yang shift sore. Tapi saya tidak kasih izin, karena inikan lagi pandemik," tambahnya.

Ani mengatakan, saat Rahudman Harahap menjabat Wali Kota Medan, dirinya selalu menegaskan bahwa kebersihan adalah yang paling penting. Karena itu akan membuat orang lebih betah dan nyaman tinggal di sebuah daerah.

"Dulu, kita selalu mendapatkan penghargaan sebagai kota bersih, sekarang ya kita pernah dapat gelar sebagai kota kotor," ujar Ani.

3. Rahudman senang bisa dikenal baik

Rahudman, Mantan Wali Kota Medan yang Jadi Idola Tukang Sapu JalanSetelah menjalani hukuman pidana penjara di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta Medan, akhirnya Mantan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap bebas dari penjara. (Dok.IDN Times/istimewa)

Rahudman yang mendengar cerita para tukang sapu jalan hanya bisa tersenyum. Dia berterima kasih masih dikunjungi untuk bersilaturahmi.

"Bagi saya, itu bukan keluhan, mereka hanya mengungkapkan kepada saya karena sejak dulu sudah dekat," ujarnya.

Rahudman memang menegaskan bahwa dirinya memang mementingkan kebersihan, karena itu sebagian dari iman. Selain itu, kebersihan juga akan membuat mata lebih sehat dan Indra penciuman juga akan lebih sehat.

"Saya kalau lihat yang kotor itu langsung pening, sakit mata saya melihatnya," ungkapnya.

Untuk diketahui, Rahudman dilepaskan dari Lapas Tanjung Gusta pada 31 Mei 2021 lalu. Dia terlibat dalam kasus korupsi alih fungsi lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) senilai Rp 185 miliar. Dalam putusan peninjauan kembali (PK) kasus ini, MA menilai perbuatan Rahudman termasuk ranah perdata, bukan pidana.

Baca Juga: Terjerat Kasus Narkoba, 10 Potret Nia Ramadhani Dengan Hobi Mewahnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya