Comscore Tracker

PPKM Darurat di Medan Kemungkinan Diperpanjang Hingga Agustus 2021

PPKM Darurat di Jawa-Bali hingga akhir Juli

Medan, IDN Times – Wacana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan mencuat. Wacana ini muncul di tengah begitu banyak masyarakat yang melakukan protes karena terancam tidak mendapat penghasilan.

Soal perpanjangan PPKM Darurat ini pun diyakinkan dengan pernyataan Muhammad Bobby Afif Nasution, Wali Kota Medan.

“Sepertinya diperpanjang sampai dua Agustus nanti. Makanya ini kita minta kepada masyarakat untuk mematuhi Prokes,” ujar Bobby, Sabtu (17/7/2021).

1. Bobby akui soal peningkatan kasus yang masif

PPKM Darurat di Medan Kemungkinan Diperpanjang Hingga Agustus 2021Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Saat ini, Kota Medan menjadi penyumbang terbanyak kasus COVID-19 di Sumut. Misalnya pada 16 Juli 2021, Ada 394 kasus dari 937 kasus di Sumut. Akumulasi kasus COVID-19 di Medan mencapai 21.051 kasus. Peningkatan kasus ini juga terjadi selama masa PPKM Darurat. 

“Kita tahu, kita sebenarnya tidak mau Kota Medan terus-terusan seperti ini.Kami butuh bantuan masyarakat Kota Medan. Karena, kalau hanya kami yang menerapkan Prokes, ini gak bakal bisa selesai COVID-19 di Kota Medan,” ujar Bobby.

Baca Juga: Protes PPKM Darurat, Para Penjual Kopi Medan Jualan di Titik Nol

2. Bantuan untuk masyarakat diklaim sudah disiapkan

PPKM Darurat di Medan Kemungkinan Diperpanjang Hingga Agustus 2021Ilustrasi isi bansos Kemensos yang dibagikan di Jakarta, Bekasi, Depok (Dok. IDN Times/Istimewa)

Bobby juga mengatakan, pihaknya juga sudah mempersiapkan bantuan kepada masyarakat terdampak. Meskipun, bantuan itu dianggap sangat terlambat, karena baru disiapkan saat PPKM Darurat.

“Ada 51 ribu lebih paket sembako akan kita bagikan. Ada 20 Kg beras, 2 Kg gula dan seliter minyak goreng. Besok sudah kita bagikan,” katanya.

3. Pemerintah pusat sebut akan perpanjang PPKM Darurat hingga akhir Juli di Jawa-Bali

PPKM Darurat di Medan Kemungkinan Diperpanjang Hingga Agustus 2021Infografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali diperpanjang sampai akhir Juli 2021.

Muhadjir menyebut perpanjangan PPKM Darurat berdasarkan hasil rapat kabinet terbatas secara daring yang dipimpin Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan oleh Bapak Presiden, (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM ini," kata Muhadjir di Hotel University Club (UC) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Jumat (16/7/2021).

Muhadjir menjelaskan, Presiden Jokowi menyebutkan keputusan memperpanjang PPKM Darurat disertai banyak risiko.

"Termasuk bagaimana supaya seimbang bersama-sama antara meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar-standar PPKM dan bantuan sosial," katanya.

Baca Juga: Medan PPKM Darurat, Catat 31 Titik Penyekatan dan Pengalihan Jalan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya