Comscore Tracker

Petugas Kebersihan Temukan 97 Gram Emas di Toilet Bandara Kualanamu

Salut, emasnya diserahkan ke Avsec

Deliserdang, IDN Times – Sikap terpuji ditunjukkan oleh Dewi Lestari (30). Perempuan petugas kebersihan di Bandara Internasilan Kualanamu, Kabupaten  Deli Serdang, Sumatra Utara.

Dewi Lestari menemukan emas di toilet bandara seberat 97 gram. Dia kemudian mengembalikan emas itu kepada petugas keamanan bandara.

1. Dewi menemukan emas yang terletak di atas tisu rol toilet

Petugas Kebersihan Temukan 97 Gram Emas di Toilet Bandara KualanamuDewi Lestari (30), pekerja kebersihan yang menemukan emas di toilet Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumut. (Dok: Pribadi)

Dewi pun bercerita, dia menemukan emas itu pada Selasa (4/1/2022). Saat itu dia bertugas sepert biasa. Membersihkan toilet bandara.

“Pengunjung saat itu ramai. Jadi setiap ada yang sudah selesai menggunakan toilet, saya membersihkannya,” kata Dewi, Selasa (11/1/2022).

Saat dia membersihkan toilet yang baru digunakan, dia melihat ada benda yag tertinggal di atas tisu rol toilet.

“Begitu saya nampak emas, saya tutup kembali. Saya koordinasi dengan pengawas. Langsung kamis erahkan ke pihak keamanan bandara,” ungkap Dewi.

Baca Juga: Kawanan Gajah Masuk Pemukiman Warga di Langkat

2. Dewi beberkan alasan tidak mengambil emas yang ditemukannya

Petugas Kebersihan Temukan 97 Gram Emas di Toilet Bandara KualanamuBandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dewi tidak menyangka emas yang ditemukannya sebanyak itu. Dia tidak mengambil emas  itu karena memegang prinsip kejujuran dalam menjalankan pekerjaan.

“Saya di sana bekerja bukan untuk satu dua hari. Saya mau lama bekerja di sana. Karena saya  bekerja untuk menghidupi keluarga. Kalaulah itu  saya ambil, terus ketahuan, saya kehilangan pekerjaan, kemudian malu. Manusiawi sih kalau memang mau ambil saja. Tapi saya kekeuh, saya ingin bekerja. Saya kembalikan dengan ikhlas,” ungkapnya.

Dewi sudah bekerja sebagai pekerja kebersihan di sana sejak 2013. Dulu, suaminya juga bekerja di bandara. Namun saat pandemik, suaminya mengundurkan diri. Saat ini suaminya hanya bekerja sebagai penjual barang bekas.

“Saya tulang punggung keluarga. Saya juga menafkahi orang tua saya,” ungkap Dewi.

3. Pihak bandara apresiasi kejujuran Dewi

Petugas Kebersihan Temukan 97 Gram Emas di Toilet Bandara KualanamuPenumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara melakukan check in di salah satu counter maskapai, Selasa (28/7/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Saat ini pihak bandara masih menunggu siapa pemilik emas tersebut. Mereka mengapresiasi kejujuran Dewi dalam bekerja.

“Kita apresiasi sama orang jujur ya kan, karena dia tahu, itu bukan miliknya, diserahkanlah ke petugas Avsec di boarding lounge, jadi memang sudah diserah terimakan,’’ujar Asisten Manager Humas PT Angkasa Pura II (Persero), Kualanamu Novita Maria Sari.

Setelah dilakukan pengecekan, emas yang ditemukan sudah berbentuk perhiasan.

Manager APS – ISS Beng Syandi mengatakan jika Dewi adalah sosok yang rajin dan tekun dalam bekerja.

“Orangnya memang pantang menyerah. Dia selalu fokus dengan kehidupan keluarganya,” ungkap Beng.

Ini bukan kali pertama Dewi menyerahkan barang yang ditemukannya kepada pihak bandara. Kata Beng, dewi pernah menemukan handphone, cinci hingga dompet.

“Kalau saya menekan di setiap briefing selalu menekankan kalau jujur berharga sekali dalam dunia pekerjaan dan dalam kehidupan sosial juga,” pungkasnya.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya