Comscore Tracker

Persiapan Kejurnas Rally dan APRC di Danau Toba Mulai Dibahas

Balap rally mendorong kunjungan wisata ke Danau Toba

Medan, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut mulai melakukan persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rally hingga Asian Pasific Rally Championship (APRC).

Rapat membahas soal upaya IMI mengajukan permohonan kalender gelaran APRC di Sumut kepada Federation Internationale de Automobile (FIA), survei lokasi hingga koordinasi peningkatan sarana dan prasarana, termasuk mengenai penginapan, rumah sakit,  infrastruktur jalan dan lainnya.

1. Gelaran Rally mendorong kunjungan wisata ke Danau Toba

Persiapan Kejurnas Rally dan APRC di Danau Toba Mulai DibahasMobil Subaru WRX Sti yang dikendarai Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Navigatornya Uche berhasil naik podium ke-3 pada gelaran Danau Toba Rally 2019 (Arya Rizky Hernandi for IDN Times)

Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah mengatakan, persiapan ini menjadi bukti komitmen Pemprov Sumut untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Danau Toba. Rally sebagai salah satu tawaran atraksi. Ini juga bagian dari upaya pemulihan ekonomi di sektor pariwisata selama pandemik COVID-19.

"Apalagi Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat. Untuk mengundang orang banyak datang, satu di antaranya dengan event olahraga dan kami mendorong event ini bisa terlaksana," kata Ijeck – sapaan akrabnya –

2. Rapat juga sebagai persiapan World Rally Champhionship (WRC) di tahun 2023

Persiapan Kejurnas Rally dan APRC di Danau Toba Mulai DibahasMobil Subaru WRX Sti yang dikendarai Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Navigatornya Uche berhasil naik podium ke-3 pada gelaran Danau Toba Rally 2019 (YT Haryono for IDN Times)

Ijeck menambahkan, rapat ini juga sebagai persiapan untuk paparan di tingkat kementerian sebagai kesiapan World Rally Champhionship (WRC) di tahun 2023.

"Semua ini harus kerja tim, tidak bisa hanya IMI sendiri, atau pemerintah sendiri. Harus cepat kita bergerak karena ada batas waktu penganggaran kalau di pemerintahan. Segera siapkan bahan paparan ke Menko Marves untuk menyambut APRC dan WRC. Bantuan IMI Pusat juga dibutuhkan untuk komunikasi dengan FIA tentang apa dampak baik atau buruknya, paling tidak kita sudah punya gambaran ke depan," ujar Ijeck.

3. Gelaran Rally diyakini bisa dongkrak PAD

Persiapan Kejurnas Rally dan APRC di Danau Toba Mulai DibahasMobil Subaru WRX Sti yang dikendarai Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Navigatornya Uche berhasil naik podium ke-3 pada gelaran Danau Toba Rally 2019 (YT Haryono for IDN Times)

Sementara itu, Ketua IMI Sumut Harun Mustafa mengatakan, pihaknya berterima kasih atas perhatian Pemprov Sumut atas gelaran rally. Harun yakin acara ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Danau Toba juga semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara.

"Harapan kita WRC tapi ini kita fokus di Kejurnas dan APRC dahulu. Kita yakin dengan rally ini akan menghasilkan PAD luar biasa bagi kita, Sumut khususnya akan jadi pantauan luar negeri sebagai daerah wisata yang bagus. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya Pemerintah Provinsi Sumut yang selalu mendukung kami melakukan kejuaraan-kejuaraan di Sumut," tutupnya.

Baca Juga: Sean Gelael Masuk Selokan, Nuno Ricardo Juara Danau Toba Rally 2021

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya