Comscore Tracker

Peduli Sungai Deli, PLN Serahkan Bantuan untuk Bikin Taman Edukasi

BUMN lain juga diajak untuk lestarikan sungai

Medan, IDN Times – Banjir masih menjadi persoalan musiman di Kota Medan saban tahun. Penyempitan luas sungai, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah menjadi andil besar dalam musibah musiman itu.

Belakangan, pemerintah terus melakukan upaya pelestarian. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) digandeng untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian.

PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Utara menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) kepada Pemko Medan, Senin (28/6/2021). Bantuan senilai Rp150 juta itu akan digunakan untuk membangun Taman Edukasi Bencana dan Dinding Penahan Tanah di Sungai Deli, tepatnya di bawah jembatan  Jalan Perdana.

1. PLN komitmen untuk membantu program pelestarian lingkungan

Peduli Sungai Deli, PLN Serahkan Bantuan untuk Bikin Taman EdukasiGM PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung saat menyampaikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan CSR pembuatan Taman Edukasi Bencana dan Dinding Penahan DAS Sungai Deli, Senin (28/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelum penyerahan bantuan, PLN bersama Pemko Medan dan sejumlah pejabat BUMN lainnya menyusuri sungai Deli ke beberapa titik. Mereka melihat langsung, apa-apa saja yang menjadi permasalahan di aliran sungai.

Masih banyak ditemui sampah dan pengikisan dinding sungai. General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung mengatakan bantuan ini diberikan berkatkerjasama antara PLN, Pemko Medan dan Universitas Panca Budi. Pihaknya ingin terus berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Nanti diharapkan pembangunan taman ini akan menjadi tempat edukasi bagi masyrakat dan sosialisasi bencana bagimasyarakat. Ini juga menjadi tempat istirahat sementara kegiatan susur sungai, atau kegiatan lingkungan lainnya,” ujar Pandapotan.

Baca Juga: PLN Bangun PLTA Asahan 3, Nilai Investasi Mencapai Rp5 Triliun

2. Pemanfaatan taman juga mengurangi aktifitas negatif di bawah jembatan

Peduli Sungai Deli, PLN Serahkan Bantuan untuk Bikin Taman EdukasiPeletakan batu pertama Taman Edukasi Bencana di DAS Sungai Deli, Senin (28/6/2021). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selama ini, PLN cukup aktif dalam membantu program pelestarian lingkungan. Kata Pandapotan, tahun lalu PLN pernah bekerja sama dengan pegiat lingkungan di Sungai Babura.

“Kami berharap taman ini bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Taman ini juga mengurangi ruang negatif di bawah jembatan dengan memanfaatkannya sebagai ruang aktif. Serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Sungai Deli,” ujarnya.

3. Arya Sinulingga ajak BUMN lainnya untuk sama-sama lestarikan sungai

Peduli Sungai Deli, PLN Serahkan Bantuan untuk Bikin Taman EdukasiStaf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Penyerahan bantuan itu juga dihadiri Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. Dalam kesempatan itu, Arya mengajak BUMN lainnya untuk sama-sama berkontribusi melestarikan sungai di Medan.

“Dengan langkah-langkah ini kita apresiasi. langkah bagaimana kita memanusiakan tempat-tempat yang nyaman di kota Medan khususnya di bantaran sungai,” ujar Arya.

Sementara itu, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution juga berharap BUMN bisa membantunya dalam program pelestarian sungai. Saat ini, ada tiga sungai yang menjadi prioritas menantu Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo itu. Antara lain, Sungai Deli, Bedera dan Babura.

“Hari ini ada BUMN, kami sangat berharap BUMN bisa bekerja sama berkolaborasi yang pertama sekali bisa untuk sama-sama melestarikan sungai,” ujar Bobby.

Khusus di Babura dan Sungai Deli, Bobby juga mencanangkannya menjadi heritage. Lantaran kedua sungai itu, erat kaitannya dengan sejarah peradaban di Kota Medan.

“Mudah-mudahan ini bisa berhasil kita laksanakan. Tentunya tidak tidak bisa hanya pemerintah kota Medan sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga: Dua Dusun di Kaki Bukit Barisan Akhirnya Dapat Listrik PLN

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya