Medan Diterjang Banjir, Wali Kota Bobby Minta Maaf

Perbaikan drainase terus dilakukan

Medan, IDN Times – Banjir melanda Kota Medan, Selasa (23/11/2021) malam. Air naik bersamaan dengan hujan deras yang mengguyur kota itu selama beberapa jam.

Manager Pusdalops BPBD Kota Medan Ronald F. Sihotang mengatakan banjir terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Air dari drainase meluap dan masuk ke pemukiman. BPBD melaporkan, ada 634 rumah yang terendam banjir. Ketinggian air mencapai 150 Cm. Namun pantauan di lapangan, banjir merendam banyak titik di sejumlah kawasan.

1. Kecamatan Sunggal dan Tuntungan diklaim menjadi daerah yang terparah

Medan Diterjang Banjir, Wali Kota Bobby Minta MaafWakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman saat pantau banjir di Medan Sunggal (Dok. Umray)

Ronald menjelaskan, kawasan Kecamatan Medan Sunggal dan Tuntungan menjadi lokasi yang terparah terendam banjir. Ada 662 kepala keluarga dengan total 2.504 jiwa yang terdampak.

Namun kata Ronald banjir tidak begitu lama menggenangi kota Medan, pada Rabu (24/11/2021) pukul 02.00 air sudah mulai surut.

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras, Ini Titik-titik Banjir di Kota Medan

2. Bobby minta maaf kepada masyarakat

Medan Diterjang Banjir, Wali Kota Bobby Minta MaafWali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat atas banjir yang terjadi. Banjir yang terjadi karena sungai dan sejumlah drainase meluap tak sanggup tampung debit air dari intensitas hujan yang tinggi.

Bobby menyampaikan maafnya melalu media sosial. Lantaran saat ini menantu Presiden Joko Widodo itu tengah berada di Jakarta.

"Hujan deras telah mengguyur Medan dalam beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, parit dan sungai meluap hingga menyebabkan jalan di Kota Medan tergenang air," katanya.

"Saya memohon maaf kepada seluruh warga Medan atas masalah banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di kota medan," sambung Bobby.

3. Bobby menyebut Pemko tengah melakukan pembenahan drainase

Medan Diterjang Banjir, Wali Kota Bobby Minta MaafIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Bobby juga menjelaskan bahwa saat ini Pemko Medan juga terus berusaha membenahi seluruh drainase yang  tersumbat agar genangan air dapat  diatasi. "Kita juga sedang mempersiapkan berbagai perencanaan penanggulangan banjir jangka panjang agar Medan benar-benar bebas dari banjir," ujarnya.

"Mari berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan ini bersama. Dukungan besar dari warga sangat dibutuhkan dalam menjalankan program-program untuk mengantisipasi dan menanggulangi permasalahan banjir di Kota Medan," pungkas Bobby.  

Baca Juga: Sungai Meluap, 280 Rumah di Kawasan Medan Sunggal Terendam

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya