F1H2O Danau Toba Selesai, Jokowi: Masih Banyak yang Harus Diperbaiki

Indonesia punya potensi besar sport tourism

Toba, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo ikut menonton gelaran F1H2O Danau Toba, Minggu (26/2/2023). Sayang Jokowi tidak bisa menonton race. Karena Jokowi baru hadir sekitar pukul 13.30 WIB. Sementara race pertama digelar pukul 12.00 WIB.

Jokowi nyaris menonton race kedua. Namun race dibatalkan karena faktor cuaca. Jokowi hanya menonton saat para pembalap melakukan parade dan sempat mencoba sirkuit hingga akhirnya race tidak bisa dilanjutkan.

“Ini event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat,” kata Jokowi.

Baca Juga: Dagangan Tak Laku, Pelaku UMKM Lokal Ribut di Lokasi F1H2O

1. Potensi sport tourism Indonesia sangat besar

F1H2O Danau Toba Selesai, Jokowi: Masih Banyak yang Harus DiperbaikiPebalap Strømøy Racing Bartek Marszalek menjuarai F1H2O Danau Toba, Minggu (26/2/2023). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ini adalah kali pertama F1H2O di Indonesia. Danau Toba dipilih dengan berbagai pertimbangan. Termasuk soal mengembangkan pariwisata di danau vulkanik terbesar itu.

“Saya harapkan, setiap event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah di sini, di Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada GP, di Jakarta ada Gormula E. Kemudian ada superbike. Saya kira ini akan memicu ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” ungkapnya.

2. Marit Stromoy jadi favorit Jokowi

F1H2O Danau Toba Selesai, Jokowi: Masih Banyak yang Harus DiperbaikiPembalap dari Strømøy Racing Marit Strømøy (kanan) berada di dalam paddock usai menjalani laga free practice F1H2O Danau Toba, Sabtu (25/2/2023). IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyerahkan trofi kepada Bartek Marszalek dari Tim Stromoy Racing yang menjuarai F1H2O pada race pertama.

Jokowi yang ditanyai soal pembalap favoritnya, menjawab Marit Stromoy.

“Tadi ada yang cewek. Tadi saya sampaikan, dia juga ternyata musisi yang baik di negaranya,” kata Jokowi.

3. Masih banyak yang harus diperbaiki dalam penyelenggaraan F1H2O Danau Toba

F1H2O Danau Toba Selesai, Jokowi: Masih Banyak yang Harus DiperbaikiPresiden Jokowi menyerahkan trofi pada pembalap asal Polandia, Bartek Marszalek, juarai F1H2O Danau Toba 2023 di Balige, Minggu (26/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Jokowi pun mengatakan, banyak yang masih harus diperbaiki dalam penyelenggaraan F1H20.

“Yang untuk powerboat masih banyak yang harus diperbaiki. Saya kira semuanya butuh waktu, buktu proses. Tidak bisa ujug-ujug,” katanya.

Termasuk soal mencetak tim Indonesia. Karena kata Jokowi ada sejumlah even internasional di mana, Indonesia menjadi tuan rumahnya.

“Tahapan selanjutnya akan seperti itu,” pungkasnya.

Baca Juga: Balapan Serie Kedua Distop, Bartek Marszalek Jadi Juara F1H2O Toba

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya