Comscore Tracker

Musyawarah Forlispar, Lanjutkan Komitmen Majukan Danau Toba

Bagus Syahputra pimpin Forlispar gantikan Prayugo Utomo

Medan, IDN Times – Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) menggelar musyawarah di Kota Medan, pada Kamis (28/7/2022). Dalam musyawarah yang diselingi dengan diskusi terkait pengembangan pariwisata Danau Toba itu, menyepakati Bagus Syahputra sebagai Ketua Forlispar periode 2022 – 2024. Bagus menggantikan Prayugo Utomo, yang sudah menjabat sejak 2018.

Musyawarah ini terselenggara atas kerjasama Forlispar dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yang selama ini menjadi mitra strategis Forlispar dalam hal pengembangan Danau Toba.

Dalam sambutannya, Bagus mengatakan, Forlispar akan memberi dukungan dalam upaya pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba. Selama ini Forlispar selalu menyoroti berbagai isu tentang pembangunan pariwisata Danau Toba. Bagi Forlisoar, ini merupakan hal penting. Berbagai isu yang dikemas ke dalam produk jurnalistik bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak, bagaiamana pembangunan kepariwisataan dan  dinamika di dalamnya.

“Forlispar akan terus berkomitmen membangun kolaborasi untuk memajukan pariwisata baik di Danau Toba dan Sumatra Utara secara umum,” ujar Bagus.

1. Diharapkan kepengurusan ke depan bisa semakin solid

Musyawarah Forlispar, Lanjutkan Komitmen Majukan Danau TobaBagus Syahputra terpilih jadi Ketua Forum Jurnalis Pariwisata/Forlispar Medan (Dok. Isitimewa)

Bagus juga berharap, kepengurusan ke depan bisa semakin solid. Melakukan berbagai kegiatan yang bisa memberikan dampak kepada pengembangan pariwisata.

“Kemitraan dengan BPODT akan kita perkuat kembali. Sehingga bisa saling memberikan ide dan masukan untuk pengembangan pariwisata ke depannya. Kita juga melakukan upaya sinergi untuk mempublikasikan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga dunia internasional bisa lebih mengenalnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Tantangan Pers Semakin Berat di Era Digital, Perlu Inovasi Kreatif

2. Yugo akui masih ada PR yang belum terlaksana selama periodenya

Musyawarah Forlispar, Lanjutkan Komitmen Majukan Danau TobaPrayugo Utomo, Ketua Forlispar periode 2018 - 2022 (Dok. Istimewa)

Prayugo Utomo, Ketua Forlispar periode sebelumnya memberikan apresiasi kepada BPODT yang selama ini menjadi lembaga mitra. Dirinya berharap, kepengurusan ke depan bisa memaksimalkan kolaborasi dengan BPODT.

“Masih ada PR yang belum terlaksana selama periode saya menjabat. Semoga ke depan Forlispar bisa lebih baik lagi,” ucap wartawan IDN Times Sumatra Utara ini.

Musyawarah itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat BPODT. Salah satunya adalah Kepala Divisi Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Anderson Situmeang. Anderson juga mengapresiasi eksistensi Forlispar yang selama ini bersinerdi dan berkolaborasi dengan pihaknya. Kolaborasi ini adalah bentuk implementasi dari Sinergitas Konsep Pentahelix ABCGM (Akademisi, Badan Usaha, Komunitas, Pemerintahan, dan Media).

“Media mampu menunjang kemajuan pariwisata melalui penyampaian informasi yang benar kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujar Anderson.

3. BPODT sangat terbantu dengan keberadaan Forlispar

Musyawarah Forlispar, Lanjutkan Komitmen Majukan Danau TobaForlispar menggelar musyawarah (Dok. Istimewa)

Anderson mengaku, BPODT sangat terbantu dengan keberadaan Forlispar. Sehingga informasi seputar pengembangan pariwisata Danau Toba yang saat ini terus digeber pemerintah bisa tersampaikan dengan baik.

“Kami sangat terbantu dengan adanya Forum Jurnalis Pariwisata ini yang sama sama membantu kami dalam mengawal pembangunan pariwisata Danau Toba yang berkualitas, berkelanjutan dan berkelas dunia sesuai yang diharapkan oleh Bapak Presiden melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," pungkasnya.

Baca Juga: Danau Toba Rally Akan Digelar Tanggal 5 hingga 7 Agustus 2022

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya