Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke Toba

Diharapkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba makin bertambah

Medan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, berniat untuk mengajak para dua kandidat Calon Presiden (Capres) 2024 untuk berlibur di Danau Toba. Yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Beliau sebenarnya sangat populer di sini, saya lihat tadi dalam perjalanan balihonya Pak Ganjar nggak putus-putus. Dan ada juga baliho Pak Prabowo mantan saya di 2019 bersama Pak Jokowi," kata Sandiaga Uno, Rabu (19/7/2023).

Hal ini dikatakan Sandiaga Uno saat kembali menginjakkan kakinya di Kaldera Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Meski sudah berulang kali berkunjung ke Kaldera, Sandiaga masih terpukau dengan keindahan Danau Toba dari ketinggian.

Jejeran hijaunya perbukitan yang kontras dengan birunya Danau Toba, menurutnya anugerah Tuhan yang menjadi nyata.

1. Kedatangan kedua kandidat capres nanti diyakini mampu mendongkrak perekonomian

Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke TobaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Menurut Sandiaga Uno, kehadiran Ganjar dan Prabowo dapat menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Toba, khususnya Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

Selain itu, kedatangan keduanya diyakini mampu menyejukkan suhu politik serta menghadirkan kontestasi demokrasi yang damai.

"Jadi ini sangat bagus kalau kunjungan Pak Ganjar, kunjungan Pak Prabowo ke Danau Toba, karena ikut mendukung tingkat hunian kamar dan jumlah wisatawan yang kita targetkan untuk mengunjungi Danau Toba," sebutnya.

Lanjut Sandiaga Uno, dalam kontestasi demokrasi ini merupakan festival yang terbesar diikuti lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia dalam sukacita, gembira, dan tidak lupa agar berwisata.

Baca Juga: Ganjar dan Malik Mahmud Bertemu Bahas Pembangunan Aceh

2. Telah siapkan terobosan dorong pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional

Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke TobaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Terkait hal tersebut, dirinya mengaku telah menyiapkan sejumlah terobosan untuk mendorong kepulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional. Satu di antaranya adalah pariwisata berbasis keberlanjutan atau Eco Tourism.

Seperti Toba Caldera yang akan dibangun dengan pendekatan green Tourism yang ramah lingkungan.

"Dengan pendekatan aspek bahwa eco tourism ini tidak perlu kita membangun resort yang besar-besar, tapi dengan konsep yang sangat ramah lingkungan, sehingga konsep dari Toba Caldera ini adalah menyatu dengan alam," ungkap Sandiaga Uno.

3. Diharapkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin bertambah

Baliho Ganjar dan Prabowo Ramai di Sumut, Sandiaga: Saya Ajak ke TobaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno (Dok. Istimewa)

Sandiaga Uno berharap ini akan menambah fasilitas pariwisata, dan menambah jumlah kunjungan wisawatan ke Danau Toba yang per hari ini sudah setengah juta untuk tahun 2022.

“Kita harapkan akan semakin meningkat dengan semakin menggeliatnya ekonomi dan pergerakan wisatawan Nusantara yang targetnya adalah 1,2 hingga 1,4 miliar orang," harapnya.

Baca Juga: Senyum Sang Flamboyan di Reli Danau Toba 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya