Comscore Tracker

Disdik Binjai Perpanjang Proses Belajar Mengajar Sistem Daring

Sistem penerimaan siswa baru online 2-8 Juli 2020

Binjai, IDN Times - Masih mewabahnya virus corona (COVID-19). Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sumatera Utara, terus memperpanjang proses belajar mengajar dengan sistem daring atau sistem online. Pemberlakuan ini dilakukan terhadap pelajar tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Masih diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Ginting.

1. Pemberlakuan proses belajar mengajar di sekolah masih menunggu putusan dari pusat

Disdik Binjai Perpanjang Proses Belajar Mengajar Sistem DaringIDN Times/Bagus F

Dengan diambilnya kebijakan ini, diharapkan dapat mencegah penularan COVID-19 terhadap anak didik dan pendidik. Karena, jika diberlakukan sistem belajar mengajar seperti biasa. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi kontak fisik, sehingga mempermudah penyebaran COVID-19.

"Kami menunggu keputusan dari Gugus Tugas pusat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Ginting.

"Kemarin katanya sampai 29 Mei 2020, tapi ternyata belum ada keputusan. Masih belum ada yang bilang bebas pandemik COVID-19. Jadi kita belum berani ambil langkah," sambung dia.

Baca Juga: Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan Berarti Siswa Kembali ke Sekolah

2. Sistem penerimaan pelajar baru dilakukan secara online tanggal 2 hingga 8 Juli

Disdik Binjai Perpanjang Proses Belajar Mengajar Sistem DaringSalah satu pelajar yang belajar di rumah dimasa pandemi Corona (IDN Times/ istimewa)

Terkait masuknya ajaran baru, sistem penerimaan pelajar yang ingin mendaftar tetap sama seperti biasa. Hanya saja, sistem penerimaan pelajar tidak dilakukan secara tatap muka atau berinteraksi secara langsung. Pihak dinas juga memanfaatkan sistem online.

"Kalau sistem penerimaan sama, seperti jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua dan afirmasi. Tapi kita lakukan secara online. Kita memanfaatkan teknologi dan kita bekerja sama dengan BCC," kata dia.

Penerimaan siswa secara online dibuka pada 2 Juli 2020 sampai 8 Juli 2020. "Kalau jalur zonasi 50 persen. Kalau jalur perpindahan orangtua, kuotanya 5 persen dari jumlah yang diterima," tukasnya.

3. Disdik Binjai ikuti arahan jika diberlakukan New Normal

Disdik Binjai Perpanjang Proses Belajar Mengajar Sistem Daring(Guru SD berkomunikasi dengan siswa saat proses belajar mengajar (PBM) melalui aplikasi media daring di rumahnya di Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4/2020)) ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Terkait kebijakan New Normal yang mulai diterpakan. Disdik Binjai, mengikutinya jika memang keputusan sudah ditetapkan. Namun hingga kini, kebijakan New Normal belum ada ditetapkan di Binjai.

"Kita tetap ikut (New Normal), tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun sampai sekarang, kami masih memperpanjang belajar di rumah," tegas dia.

Disisi lain, kebijakan New Normal sejauh ini masih dalam pembahasan. Pemerintah Kota Binjai, mulai mempersiapkan perencanaan atau skema guna menghadapi penerapan New Normal dalam pencegahan Pandemi COVID-19.

"Kegiatan rapat hari ini untuk membahas antisipasi pemberlakuan New Normal. Karena keputusan sudah ada di beberapa daerah yang ditunjuk untuk pemberlakuan New Normal," kata Sekda Kota Binjai Mahfullah Daulay.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Kantor Pajak Ditutup dan Sekolah di Binjai Libur

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya