UKM Jurnalis Bina Mandiri Suplay Bibit Eucalyptus ke Kampung Sejahtera

Akan mengajari warga proses penyulingan minyak

Medan, IDN Times - UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) menyerahkan seratus bibit Eucalyptus untuk mendukung terwujudnya Kampung Sejahtera menjadi Kampung Ecotourism, Jumat (26/2/2021).

Penyerahan bibit pohon penangkal Covid-19 dilakukan Founder UKM JBM, Fakhruddin Pohan alias Kocu didampingi perwakilan management PT Toba Pulp Lestari, Dedy Armaya.

1. Untuk penghijauan di kawasan Kampung Sejahtera

UKM Jurnalis Bina Mandiri Suplay Bibit Eucalyptus ke Kampung SejahteraPenanaman Bibit Eucalyptus untun penghijauan di kawasan Kampung Sejahtera (Dok. IDN Times)

Menurut Kocu, sapaan akrabnya, ratusan bibit Eucalyptus ini merupakan sumbangsih dari UKM JBM berkolaborasi dengan perusahaan pulp, TPL.

"Bibit Eucalyptus tersebut berasal dari TPL yang disuplay oleh UKM JBM untuk kepentingan penghijauan di kawasan Kampung Sejahtera demi mewujudkan Kampung Ecotourism," ungkap Kocu.

Kampung Sejahtera menjadi salah satu ikon wisata pinggir sungai sangat berpotensi untuk terwujud. Lokasinya yang berada dipinggiran sungai ditambah nilai historis yang kuat sebagai ikon keberagaman di Kota Medan menjadi peluang besar untuk menarik perhatian.

Baca Juga: Berkhasiat Tangkal Corona, Taman di Medan Akan Ditanami Eucalyptus

2. Akan mengajari warga proses penyulingan minyak

UKM Jurnalis Bina Mandiri Suplay Bibit Eucalyptus ke Kampung SejahteraPenanaman Bibit Eucalyptus untun penghijauan di kawasan Kampung Sejahtera (Dok. IDN Times)

Pihak PT TPL sendiri mengatakan dukungan mereka kepada warga Kampung Sejahtera menjadi bagian dari wujud kehadiran mereka. Dalam hal ini mereka mendukung dengan memberikan edukasi pengolahan minyak Eucalyptus.

"Bibit Eucalyptus sudah kita serahkan dan sudah ditanah warga. Selanjutnya lewat UKM binaan kami nantinya akan turun mengajari mereka proses penyulingan minyak. Ini akan menjadi produk yang dapat menopang ekonomi merek kedepannya," ujar Koordinator Humas Medan PT TPL, Dedy Armaya.

3. Banyak pihak yang mendukung untuk mengubah stigma Kampung Sejahtera

UKM Jurnalis Bina Mandiri Suplay Bibit Eucalyptus ke Kampung SejahteraPenanaman bibit Eucalyptus di Kampung Sejahtera medan (Dok. IDN Times)

Ketua Perhimpunan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera, Aminurasid menjelaskan bincang santai seperti ini selalu mereka lakukan dengan harapan berbagai pihak memberikan dukungan dan masukan kepada mereka.

"Kami sangat bersyukur sejauh ini banyak sekali pihak yang mendukung kami untuk mengubah stigma kampung ini. Harapan kami agar semua pihak bersedia memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan kampung kami," pungkasnya.

Baca Juga: PFI Medan Diharapkan Berperan Dalam Membangun Desa Menata Kota

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya