Mengenal Arwin Siregar, Kadis PU yang Jadi Wakil Wali Kota Sidimpuan 

Arwin pernah dikaitkan dengan kasus perambahan hutan

Arwin Siregar menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padangsidimpuan periode 2018-2023 sejak 28 September 2018. Ia dilantik oleh Edy Rahmayadi  selaku Gubernur Sumatra Utara di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatra Utara, Medan.

Pasangan Irsan Efendi Nasution dan Arwin Siregar dianggap paling memahami kebutuhan masyarkat dibanding para kompetitor lainnya.

Irsan dan Arwin dianggap sebagai wali kota dan wakil wali kota yang pas karena perpaduan Irsan yang membangun usaha dari nol di Padangsidimpuan dan Arwin Siregar sebagai birokrat senior.

Irsan dan Arwin tidaklah baru bertemu saat akan mengisi bursa Pemilihan Wali Kota – Wakil Wali Kota Padangsidimpuan, melainkan kawan lama yang sudah saling mengenal sejak dulu.

1. Visi misi bersama Irsan Efendi

Mengenal Arwin Siregar, Kadis PU yang Jadi Wakil Wali Kota Sidimpuan Arwin Siregar, Wakil Wali Kota Padang Sidimpuan (Dok. Prokopim Sidimpuan)

Pada saat pencalonan dirinya dan Irsan Efendi Nasution sebagai wali kota dan wakil wali kota, pasangan ini sempat terancam dibatalkan. Hal ini dikabarkan karena berkas persyaratan diantara keduanya belum memenuhi kriteria. 

Visi yang diusung pasangan Irsan Efendi Nasution dan Arwin Siregar adalah “Padang Sidimpuan berkarakter, bersih, aman dan sejahtera”.

Berkarakter adalah kata yang mewakili Padang Sidimpuan sebagai kota yang memiliki ciri khas dengan keragaman suku, struktur budaya, agama, adat istiadat, kesenian dan lainnya.

Bersih adalah kata yang mewakili Padang Sidimpuan sebagai kota yang menerapkan kota dengan wilayah yang bersih, sehat dan penuh harmoni.

Aman adalah kata yang mewakili Padang Sidimpuan sebagai kota yang wilayahnya mendapat jaminan keamanan sehingga masyarakat mendapat perlindungan dari rasa khawatir dan takut.

Sejahtera adalah kata yang mewakili Padang Sidimpuan sebagai kota yang masyarakatnya maju dalam keberadaban dan mengedepankan pendidikan, ilmu, iman dan amal.

2. Jenjang pendidikan

Mengenal Arwin Siregar, Kadis PU yang Jadi Wakil Wali Kota Sidimpuan Arwin Siregar, Wakil Wali Kota Padang Sidimpuan (Dok. Prokopim Sidimpuan)

Arwin Siregar menghabiskan masa kecilnya bersekolah di SD Negeri Sabungan pada tahun 1964 – 1970.  Sabungan ialah suatu desa di Sumatera Utara. Ia lalu melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 4 Padang Sidimpuan pada tahun 1971 – 1973.

Arwin kemudian menamatkan sekolahnya dari SMA Negeri 1 Padang Sidimpuan pada tahun 1974 – 1976. Tak berselang lama, Arwin melanjutkan ke bangku kuliah di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara pada tahun 1977 – 1986.

Selang beberapa tahun kemudian, Arwin Siregar mendapatkan gelar Magister Manajemen dari Universitas Sumatera Utara tepatnya pada tahun 2000 – 2002.

3. Pernah dikaitkan dengan kasus perambahan hutan

Mengenal Arwin Siregar, Kadis PU yang Jadi Wakil Wali Kota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution, S.H Wali Kota Padangsidimpuan dan Wakilnya Arwin Siregar (Dok. Humas Pemko Sidimpuan)

Arwin Siregar tercatat pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan, sebelum akhirnya menjadi Wakil Wali Kota Sidimpuan pada tahun 2018 hingga saat ini.

Pada masa jabatan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan, Arwin Siregar pernah berhadapan dengan kasus perambahan hutan di wilayah Kabupaten Tapsel.

Pada kasus tersebut, Arwin Siregar dibuktikan tidak terlibat. 

Baca Juga: Mengenal Irsan Nasution, Dari Usaha Fotocopy Jadi Wali Kota Sidimpuan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya