Comscore Tracker

Cegah PMK Hewan Kurban, FKH USK Bentuk Tim SPPHK Pemeriksaan Hewan

Perlu edukasi masyarakat untuk menanggulangi PMK

Banda Aceh, IDN Times - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Syiah Kuala (USK) membentuk Tim Supervisi Pemeriksaan dan Penyembelihan Hewan Kurban (SPPHK) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan dalam rangka pelaksanaan kurban pada Idul Adha 1443 Hijriah.

Pelepasan tim yang resmi bertugas sejak 7 Juli dan akan berakhir 13 Juli 2022 mendatang tersebut, dilakukan langsung Rekotr USK, Marwan, di Lapangan Upacara Kantor Pusat Administrasi USK, Kota Banda Aceh, Aceh, pada Kamis, 7 Juli 2022.

Baca Juga: Kenali Penyakit Menular dari Hewan Kurban dan Cara Mencegahnya

1. Berperan dalam penanggulangan dan memastikan hewan kurban bebeas dari PMK

Cegah PMK Hewan Kurban, FKH USK Bentuk Tim SPPHK Pemeriksaan HewanPenanganan hewan ternak sapi di sejumlah daerah di Jatim. dok. Humas Pemprov Jatim.

Marwan mengatakan, Tim SPPHK FKH USK berperan dalam penanggulangan dan memastikan hewan kurban bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang belakangan sedang marak di Indonesia, termasuk di Aceh.

Tim SPPHK USK nantinya melaksanakan tugas dan pengabdiannya, seperti Jakarta, Jambi, Riau, Bengkulu, Lampung, dan sejumlah daerah lainnya. Sedangkan di Kabupaten Aceh Besar maupun Kota Banda Aceh, bertugas di 27 gampong (desa), tepatnya di 40 titik, dengan total 404 peserta.

“Kehadiran USK semoga bisa menjadi solusi, sebab di Aceh saat ini, menurut laporan yang ada, level PMK terbilang parah,” kata Marwan, dalam keterangan tertulis, pada Jumat (8/7/2022).

2. Perlu edukasi masyarakat untuk menanggulangi PMK

Cegah PMK Hewan Kurban, FKH USK Bentuk Tim SPPHK Pemeriksaan HewanPelepasan Tim SPPHK FKH USK untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban. (Dokumentasi Humas USK untuk IDN Times)

Terkait situasi PMK seperti saat ini, Marwan menilai, perlu adanya edukasi dan ketenangan untuk menanggulangi wabah tersebut. USK sendiri dikatakannya, sudah ada satuan tugas (Satgas) pengendalian PMK, dan telah bergerak lewat kunjungan ke desa-desa dengan membawa obat serta memberikan edukasi.

Bahkan, pelaksanaan kurban pada Idul Fitri tahun 2022 punya tantangan tersendiri karena PMK. Oleh karena itu, USK lewat SPPHK ingin berbuat agar ibadah kurban berlangsung dengan baik dan hewan yang disembelih sesuai dengan prosedur.

“Terpenting ialah memastikan kesehatan hewan,” ujarnya.

3. Pemeriksaan hewan kurban merupakan kegiatan rutin tahunan

Cegah PMK Hewan Kurban, FKH USK Bentuk Tim SPPHK Pemeriksaan HewanPelepasan Tim SPPHK FKH USK untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban. (Dokumentasi Humas USK untuk IDN Times)

Dekan FKH, Teuku Reza Ferasyi menyampaikan, tugas tim supervisi tersebut melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih. Dengan tujuan memastikan kehalalan serta keamanan kesehatan hewan. Di sisi lain, tim dari USK turut memberikan penyuluhan tentang kesehatan hewan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sudah berlangsung lama, hanya saja selama dua tahun terakhir, harus dilakukan dengan prokes yang ketat karena pandemi Covid-19. Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya,” kata Reza.

Kegiatan FKH USK ini didukung oleh segenap instansi, mulai dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Dinas Peternakan Aceh, Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh (DP2KP) Kota Banda Aceh, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, swasta dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Paling Hits di Tebing Tinggi, Wajib Singgah!

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya