Gojek dan Mitra Salurkan 10 Ton Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

Bantuan dilakukan secara bertahap sejak 11 Januari

Jakarta, IDN Times - Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) menyalurkan lebih dari 10 ton paket kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir di Kalimantan Selatan. Bantuan cepat tanggap untuk warga terdampak bencana ini berupa kebutuhan primer, mie instan, air mineral kemasan serta paket kebutuhan harian lainnya seperti selimut, terpal,  tikar dan sebagainya.

Chairperson Yayasan Anak Bangsa Bisa Monica Oudang menuturkan bencana banjir yang menimpa saudara-saudara di Kalimantan Selatan menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia.

"Sebagai organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mendukung ekosistem Gojek dan masyarakat luas, Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) tergerak untuk ikut bahu-membahu meringankan beban saudara-saudara kita di Kalimantan Selatan yang tengah mendapatkan musibah,” ujarnya.

1. YABB telah menyalurkan bantuan logistik ke beberapa wilayah

Gojek dan Mitra Salurkan 10 Ton Bantuan untuk Korban Banjir KalselGojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) menyalurkan lebih dari 10 ton paket kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Dok. IDN Times)

Sejak 11 Januari, YABB melalui tim response Gojek terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kalimantan Selatan untuk memastikan bantuan yang disalurkan tepat guna. YABB telah menyalurkan bantuan logistik ke beberapa wilayah di Kecamatan Gambut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Sungai Lulut, Kecamatan Pal 6, Kabupaten Banjarbaru, Kabupaten Martapura serta wilayah Batola dan Handil Bakti bersama Dinas Sosial dan aparat pemerintah.

Bantuan cepat tanggap Gojek di lokasi terdampak meliputi: Emergency response team yang akan memantau kebutuhan Karyawan Gojek, Mitra Gojek beserta keluarga serta masyarakat yang terdampak banjir.

Lalu membuka Posko Peduli Banjir Kalimantan Selatan di Kantor Gojek Banjarmasin, Jalan Ahmad Yani km 11 untuk menyalurkan bantuan dan posko kebutuhan masyarakat. Bantuan logistik seperti mie instan 800 box, air mineral kemasan 1.000 box, alas tikar 100 lembar, selimut 100 lembar dan terpal 100 lembar. Serta 1 unit truk dan 3 perahu karet untuk distribusi bantuan ke titik lokasi pengungsian di Kalimantan Selatan.

“Kami membagi beberapa tahapan dalam menyalurkan bantuan dengan tingkatan efek dampak bencana. Kami berharap, penyaluran bantuan yang sigap, efektif, serta tepat sasaran akan bermanfaat bagi para korban bencana,” tambah Monica.

Baca Juga: Peran Monica Oudang Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19 Lewat YABB

2. Bantuan cepat tanggap dilakukan secara bertahap sejak tanggal 11 Januari

Gojek dan Mitra Salurkan 10 Ton Bantuan untuk Korban Banjir KalselGojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) menyalurkan lebih dari 10 ton paket kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Dok. IDN Times)

Bantuan cepat tanggap dilakukan secara bertahap sejak tanggal 11 Januari, di antaranya Tim response Gojek Banjarmasin memantau perkembangan banjir dengan memonitor ketinggian air dan memonitor Mitra Gojek dan anggota masyarakat di lingkungan sekitar.

Lalu Gojek melakukan evakuasi Mitra Gojek yang terdampak banjir ke wilayah evakuasi sementara dan memberikan kebutuhan primer. Tim YABB dan Gojek kemudian mendistribusikan bantuan cepat tanggap tahap pertama di Posko Banjir di Kantor Gojek Banjarmasin disaksikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar Drs. H. Ahmadi, M.AP.

PAda 21-22 Januari  Tim YABB mendistribusikan bantuan cepat tanggap tahap kedua-ketiga ke wilayah Kecamatan Gambut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Sungai Lulut, Kecamatan Pal 6, Kabupaten Banjarbaru, Kabupaten Martapura serta wilayah Batola dan Handil Bakti.

Kepedulian Mitra Gojek di Beberapa Kota di Indonesia dalam Membantu Korban Banjir

Kepedulian terhadap korban bencana banjir di Kalimantan Selatan juga ditunjukkan oleh Mitra Gojek di beberapa kota di Indonesia melalui penggalangan dana, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Mitra Gojek di Balikpapan, Makassar, Palangkaraya dan lainnya.

3. Mitra-mitra Gojek Banjarmasin tidak sungkan untuk turun membantu masyarakat

Gojek dan Mitra Salurkan 10 Ton Bantuan untuk Korban Banjir KalselGojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) menyalurkan lebih dari 10 ton paket kebutuhan pokok bagi korban bencana banjir di Kalimantan Selatan (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Komunitas Mitra Gojek di Banjarmasin, Kalsel, yang juga terdampak banjir, tetap memiliki rasa solidaritas dan kemanusiaan dengan turut memberikan bantuan materi dan fisik. Mitra-mitra Gojek Banjarmasin tidak sungkan untuk turun membantu masyarakat.

Contohnya saat air sudah mulai naik, mitra-mitra Gojek memantau lingkungan sekitar membantu evakuasi warga, kendaraan, barang-barang kebutuhan warga lainnya, bahkan ada beberapa yang sukarela memberikan bantuan yang diberikan kepadanya untuk dibagikan ke orang lain.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan pihaknya sangat tersentuh dan bangga terhadap para mitra driver Gojek yang selalu memiliki rasa solidaritas, kemanusiaan dan jiwa sosial tinggi, untuk membantu sesama tanpa pamrih kapanpun dan dimanapun.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mitra driver Gojek karena telah membawa kebaikan bagi sesama. Ini yang juga menjadi motivasi kami untuk terus menciptakan dampak sosial baik bagi ekosistem Gojek maupun masyarakat luas,” jelas Nila.

Baca Juga: Versi GoFood, Ini 3 Menu Kuliner yang Bakal Trend di Tahun 2021

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya