Comscore Tracker

OBC, Kumpulan Fotografer yang Kehilangan Pekerjaan di Masa Pandemik 

Isi waktu dengan bersepeda di masa pandemik

Medan, IDN Times - Komunitas Onta Bike memanfaatkan momen pandemik COVID-19 untuk mengisi waktu bersepeda. Awal dibentuk komunitas ini hanya memiliki 7 anggota. Namun, berjalannya waktu hingga kini, Komunitas yang didirikan Ijonk (33) bersama 6 temannya ini semakin banyak peminat. Lantaran tak ada syarat khusus yang diberikan kepada teman-teman yang ingin bergabung. 

Ijonk bercerita hampir setiap hari komunitas Onta Bike tersebut berkumpul di pusat kota Medan. Selain berkumpul, mereka juga biasanya gowes ke luar kota, Sibolangit salah satunya.

"Di akhir pekan lalu kita main ke Sidamanik, kita loading dari Sidamanik," ujar Ijonk kepada IDN Times, Rabu (8/7/2020).

1. Komunitas Onta Bike ini didominasi fotografer Medan. Saat ini sudah ada 30 orang aktif yang bergabung dalam komunitas

OBC, Kumpulan Fotografer yang Kehilangan Pekerjaan di Masa Pandemik Dok.Pribadi

Kata Ijonk, Komunitas Onta Bike ini didominasi fotografer Medan. Saat ini sudah ada 30 orang aktif yang bergabung dalam komunitas.

"Di sini ada mahasiswa, kawan-kawan fotografer yang kehilangan pekerjaan, jadi kita bentuk komunitas. kita keliling pas gak ada kerjaan," jelas Ijonk.

"Jadi di komunitas ini gak ada ketua-ketuanya kak, semua sama. Ada admin grup dan semua bisa nimbrung sharing-sharing, jual beli juga ya, awalnya satu ke satu, terakhir makin banyak. Kita gak mandang sepeda jenis apa, karena gowes ini kan letaknya ketahanan dengkul aja," tambah Ijonk.

Baca Juga: Mantan Gowes Community, Ajang Reuni Eks Pengurus Suporter PSMS

2. Penamaan komunitas berawal dari ada seorang teman yang lambat mengayuh sepeda

OBC, Kumpulan Fotografer yang Kehilangan Pekerjaan di Masa Pandemik Dok.Pribadi

Ijonk juga bercerita soal penamaan komunitas berawal dari ada seorang teman yang lambat mengayuh sepeda. 

"Onta kalau kita berbicara berdiri ini awalnya main bertiga, teman main kita ada yang lambat naik sepeda, naik teruslah onta kita candain gitu," tuturnya.

3. Kata Ijonk, hobi lama yang digeluti kembali ini merupakan hal yang positif untuk meningkatkan imun

OBC, Kumpulan Fotografer yang Kehilangan Pekerjaan di Masa Pandemik Dok.Pribadi

Kata Ijonk, hobi lama yang digeluti kembali ini merupakan hal yang positif untuk meningkatkan imun. 

"Selama pandemik yang kita butuhkan menjaga imun, ya itu bisa kita dapatkan dari berolahraga. Jadi ini kegiatan yang positif lah," ujarnya.

Sebagai pesepeda, Ijonk juga aktif mengajak teman-temannya untuk mematuhi peraturan lalu lintas. 

"Sekarang kan lagi marak-maraknya pesepeda. Tapi kita gak lupa untuk mematuhi peraturan lalu lintas kak," ujarnya seraya tertawa.

Baca Juga: Ini 5 Harga Sepeda Lipat, Bisa Jadi Pilihanmu Nih!

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya