[UPDATE] Pasien COVID-19 yang Sembuh di Sumut Bertambah 8 Orang

Imbauan pemerintah mulai diabaikan masyarakat

Medan, IDN Times – Kabar baik baru datag dair penanganan COVID-19 di Sumatera Utara. Pasien yang berhasil sembuh dari penyakit ini bertambah 8 orang. Totalnya ada 21orang yang berhasil sembuh di Sumatera Utara hingga Selasa (21/4).

Sementara itu, pada pasien positif sampai hari ini berjumlah 105 orang. Rinciannya 84 orang terkonfirmasi dari uji swab tenggorok dengan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polymerase chain reaction). Ditambah 21 orang dinyatakan positif melalui Rapid test.

"Positif dengan metode PCR ini bertambah bertambah 1 Orang dibandingkan hari kemarin yang berjumlah 83 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Selasa petang.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hari ini juga menurun 2 angka menjadi 148 orang. Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami peningkatan dari hari sebelumnya 1.749 orang menjadi 1.841 orang.

Sementara, untuk pasien yang meninggal dunia yang terkonfirmasi positif COVID-19 masih sama seperti hari sebelumnya sebanyak 10 orang.

Namun jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal, belum termasuk PDP yang meninggal. Saban hari jumlahnya terus bertambah. Namun angka pastinya tidak pernah terkonfirmasi sama sekali.

Whiko menambahkan bahwa sembuhnya pasien COVID-19 hari ini menjadi bukti bahwa penyakit ini masih dapat disembuhkan. Selain itu, seorang pasien COVID-19 dinyatakan sembuh jika sudah menjalani hasil tes PCR menunjukkan hasil negatif sebanyak dua kali berturut-turut.

Sementara itu, di tengah Pandemik yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda, imbauan pemerintah mulai diacuhkan masyarakat. Aktifitas di luar ruamh sudah kembali ramai. Apalagi saat akhir pekan.

Pemerintah juga belum mengambil tindakan tegas untuk hal ini. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih menjadi alternatif terakhir diberlakukan. Padahal, jika terlambat malah berpotensi memunculkan ledakan kasus.

“Kami dari gugus tugas tidak bosan-bosanakan terus melakukan pengawasan dan imbauan, untuk warga Sumut untuk tetap melakukan upaya pencegahan tertularnya COVID-19,” pungkasnya.

Baca Juga: Gelombang Kedua Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya