Ahmad Sahroni Sentil Jalan Rusak di Tapsel, Wagub Ijeck Komentar

Jalan yang disentil ada di Batu Jomba Tapanuli Selatan

Medan IDN Times – Isu jalanan rusak sedang hits di republik ini. Masyarakat ramai-ramai mengunggah kondisi jalan rusak di daerahnya.

Di beberapa titik, Presiden Joko Widodo langsung melakukan peninjauan. Mengintruksikan langsung agar jalan diperbaiki. Meski pun peninjauan yang dilakukan Jokowi dilakukan di akhir-akhir masa jabatannya.

Sumatra Utara juga menjadi sorotan. Provinsi yang dipimpin Edy Rahmayadi ini juara dengan jalan rusaknya.

Anggota DPR RI Ahmad Sahroni belum lama ini juga menyentil kondisi jalan di Sumut. Legislator NasDem itu menyoroti kondisi di Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Baca Juga: Libur Lebaran ke Aek Sijorni Tapsel: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiket

1. Ahmad Sahroni menandai Wagub Ijeck dan Presiden Jokowi dalam unggahan jalan rusak

Ahmad Sahroni Sentil Jalan Rusak di Tapsel, Wagub Ijeck KomentarKondisi ruas jalan Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. (Youtube: CCTV Batu Jomba))

Sentilan soal jalan rusak itu diunggah Sahroni dalam akun instagram resminya @ahmadsahroni88. Dia menandai akun Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah dan Presiden Joko Widodo.

“Kejadian di Tapanuli Selatan SUMUT, mohon perhatian bapak Presiden @jokowi dan @musa_rajekshah pak Wagub Sumut,” tulis Sahroni dalam unggahan, Minggu (22/5/2023).

Dalam video yang diunggah terlihat bagaimana kondisi lalu lintas di ruas Batu Jomba. Ada mobil yang terbalik karena kondisi medan tanjakan yang cukup berat.

Sedangkan Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu dalam unggahannya menjelaskan bahwa Pemkab Tapsel hanya bisa berkoodinasi di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional untuk menangani persoalan di Batu Jomba.

"Untuk ruas Aek Latong ini sifatnya koordinasi ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Bina Marga Kementerian PUPR. Sifatnya Tapsel bermohon agar perhatian pemerintah pusat lebih pada ruas jalan ini. Demikian. Sekaligus menjawab beberapa akun yang bertanya terkait penanganan oleh Pemkab Tapsel," tulis Dolly di akun instagramnya.

2. Ijeck langsung kasih komentar di unggahan Sahroni

Ahmad Sahroni Sentil Jalan Rusak di Tapsel, Wagub Ijeck KomentarAmbulance berupaya menanjak di ruas jalan Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. (Youtube)

Unggahan Sahroni berhujan komentar dari netizen. Begitu juga Musa Rajekshah yang langsung memberikan komentar.

"Terima kasih bro Sahroni atas perhatiannya terhadap daerah kami Sumatera Utara terkhusus dalam video daerah Batu Jomba, Tapanuli Selatan. Keadaan seperti ini terjadi setiap tahunnya, karena kondisi tanah yang "sesar" atau bahasa awamnya mengalami tanahnya pergerakan," tulis akun @musa_rajekshah.

Ijeck –sapaan akrabnya—melanjutkan,  ruas batu Jomba berstatus jalan nasional. Untuk perbaikannya merupakan wewenang dari pemerintah pusat.

"Badan jalan ini merupakan badan jalan Nasional yang setiap tahunnya diperbaiki. Sejak saya menjabat juga sudah saya sampaikan kepada Pemerintah Pusat agar memikirkan pengalihan badan jalan," ucap Ijeck.

"Kita sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk masyarakat kita. Saya akan terus melakukan koordinasi kepada pemerintah pusat agar sama-sama memikirkan agar pengalihan jalur badan dilakukan,” tulisnya.

Sahroni pun kembali menanggapi komentar Ijeck. "@musa rajekshah terimakasih brooo Wagub semoga pemerintah pusat memberikan atensi kepada jalan rusak tersebut @kemenpupr @jokowi," tulis Sahroni.

3. Batu Jomba sudah rusak parah bertahun-tahun

Ahmad Sahroni Sentil Jalan Rusak di Tapsel, Wagub Ijeck KomentarWarga membantu evakuasi truk yang terbalik di ruas jalan Dusun Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. (Youtube: Bayo Buan)

Informasi yang dihimpun IDN Times, kondisi ruas jalan Batu Jomba sudah rusak selama bertahun-tahun. Meski saban kali diperbaiki, kerusakan terus terjadi berulang. Lantaran, lokasi itu merupakan bagian dari patahan sesar sumatra.

Hal ini juga terkonfirmasi dari Kepala Satuan Lalulintas Polres Tapanuli Selatan Ajun Komisaris Sofyan Helmi Nasution. “Jika diperbaiki, satu dua bulan akan turun lagi (amblas) strukturnya,” ujar Sofyan, Senin (22/5/2023).

Jika sudah kembali rusak, kemacetan panjang akan terjadi. Apalagi ruas Batu Jomba memang menjadi jalan penghubung antar kabupaten Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan. Termasuk jalan lintas menuju Padang, Sumatra Barat. Ruas ini menjadi jalur angkutan yang membawa logistik.

“Kalau sudah yang bermuatan lebih, jika lewat patahan itu, mobilnya akan jumping. Bahkan sampai terguling,” ungkapnya.

Jika sudah terjadi kecelakaan, masyarakat sekitar akan ikut membantu melakukan evakuasi. Bersama para petugas yang ada di lokasi. Kondisi akan semakin parah saat musim hujan.

Baca Juga: Mengenal Janis Pemborong 6 Medali SEA Games, Bersuami Orang Batak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya