Comscore Tracker

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan Mewah

Rumah ini milik orang kaya raya asal Tiongkok

Medan, IDN Times - Kota Medan selalu punya banyak cerita dan menyimpan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi. Seperti spot alam, wisata modern hingga wisata sejarah. Bahkan pada beberapa tempat di Medan punya wisata sejarah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Salah satunya adalah Rumah Tjong A Fie. Sebuah destinasi wisata yang sangat terkenal di Medan dan Sumatra Utara. Tak hanya soal bangunanya yang megah, indah. Tapi juga fakta sejarah dibaliknya yang luar biasa. 

1. Destinasi wisata di Medan yang terkenal

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Rumah Tjong A Fie adalah destinasi wisata di Medan yang terkenal di Sumatra Utara. Ukuran rumahnya besar dan desainya sangat mewah. Tak cuma itu, rumah ini semacam 'simbol' keragaman di Medan yang sudah ada sejak 1800-an. 

Lokasi Rumah Tjong A Fie ada di Jalan Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kota Medan Sumatra Utara. Bagi anda yang rencananya liburan ke Medan, bisa mampir ke objek wisata yang satu ini ya. 

2. Rumah Tjong A Fie adalah rumah milik orang kaya asal Tiongkok

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Rumah Tjong A Fie dulunya adalah rumah milik orang kaya asal Tiongkok namanya Tjong A Fie. Konon, ia seorang saudagar Tionghoa Medan yang disegani. Ia juga pengusaha perkebunan sukses, di kawasan Sumatra. Ia dekat dengan pejabat lokal kala itu berkat kesuksesanya.

Sebagai seorang kaya raya dia dikenal dermawan. Saat ia hidup banyak menyumbang harta untuk masyarakat. Juga menyumbang pembangunan  tempat ibadah seperti masjid dan gereja, hingga membangun Kuil. Di akhir hayat, bahkan Tjong A Fie berpesan kekayaanya diberikan untuk yayasan sosial.

3. Rumah Tjong A Fie ini berumur lebih dari 100 tahun

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Rumah Tjong A Fie ini berumur lebih dari 100 tahun, yang rampung dibangun tahun 1900 dengan model Tionghoa, Eropa Melayu. dan baru dibuka pada 2009 untuk umum.

Rumah Tjong A Fie tujuanya dibangun untuk istrinya, yakni nyonya Kiem Koi Yap. Tapi saat ini dijadikan cagar budaya Medan dan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjunginya.

4. Rumah Tjong A Fie menyimpan berbagai koleksi

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/Masdalena Napitupulu

Rumah Tjong A Fie menyimpan berbagai koleksi. Mulai dari foto, lukisan sampai dengan peninggalan Tjong A Fie. Bangunan dan propertinya masih asli, kecuali perabotnya.

Sejarah rumah Tjong A Fie ini bisa dijadikan wisata edukasi dan sejarah untuk mengetahui sosok berjasa di Medan masa lalu. 

5. Lambang keberagaman di Medan

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/ Masdalena Napitupulu

Rumah Tjong A Fie juga bisa dijadikan lambang keberagaman di Medan. Sebab di sana terdapat banyak budaya dan tradisi dan kehidupan rukun sejak beratus ratus tahun lalu di Medan.

Tjong A Fie peranya penting menjadi saksi bisu sejarah Kota Medan. Hal ini karena Tjong A Fie banyak menyumbang berbagai pembangunan tempat ibadah dan menyumbang kemajuan di Medan.

6. Desain konstruksinya yang unik dan mewah

Sejarah Rumah Tjong A Fie yang Simpan Koleksi Unik dan MewahIDN Times/ Masdalena Napitupulu

Di rumah Tjong A Fie ini juga terkesan mistis dan eksotis. Ini lantaran desain konstruksinya yang unik, mewah dan usia rumah sudah ratusan tahun lebih. Walaupun sudah dibuka untuk umum sejak 2009 lalu. Kesan mistis ini masih terasa kental. Justru ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Nah itulah tadi sejarah rumah Tjong A Fie, yang ternyata milik seorang saudagar kaya asal Tiongkok berna Tjong A Fie. Semasa hidup terkenal akan kedermawanannya menyumbang untuk berbagai tempat ibadah dan untuk kemanusiaan.

Dia juga turut membantu kemajuan Kota Medan dan rumah peninggalannya menjadi salah satu peninggalan berharga untuk mengenang jasa dan kebaikan Tjong A Fie.

Baca Juga: Mengenal Bakhtiar Sibarani, Bupati Tapteng yang Bertabur Prestasi

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya