Comscore Tracker

Salat Gerhana Bulan di Rumahnya, Ini Doa Gubernur Edy Rahmayadi

Gerhana salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa

Medan, IDN Times- Hari ini, fenomena Gerhana Bulan Total terjadi di Indonesia, Rabu (26/5/2021). Salah satu wilayah yang dapat melihat terjadinya posisi  Matahari-Bumi-Bulan sejajar ini adalah Sumatra Utara. Meskipun dari pantauan tidak terlihat jelas karena tetutup awan. 

Melihat fenomena itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaksanakan salat Gerhana Bulan di kediaman pribadinya, Jalan Pantai Bunga, Desa Pamah, Kecamatan Delitua, Rabu (26/5) malam.

1. Ustaz Alfan Arbudi mengingatkan untuk perbanyak doa dan takbir sebagai amalan yang disunnahkan rasul

Salat Gerhana Bulan di Rumahnya, Ini Doa Gubernur Edy RahmayadiGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaksanakan salat Gerhana Bulan di kediaman pribadinya (Istimewa/Diskominfo)

Dalam pelaksanaan solat, yang bertugas sebagai imam dan khatib adalah Ustaz Alfan Arbudi. Ustaz Alfan menyampaikan, saat terjadi gerhana matahari atau bulan, ada beberapa amalan yang disunahkan atau dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Memperbanyak doa kepada Allah SWT, memperbanyak takbir, berzikir, dan memohon ampun kepada Allah SWT," ujarnya. 

Katanya, saat terjadi gerhana matahari atau bulan itu, merupakan waktu yang mustajabah di sisi Allah SWT untuk kita bermunajat kepada Allah SWT. 

Baca Juga: 7 Potret Haru Suasana Lebaran di Rumah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

2. Ditutup dengan doa bersama agar pandemik COVID-19 segera berlalu

Salat Gerhana Bulan di Rumahnya, Ini Doa Gubernur Edy RahmayadiGubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaksanakan salat Gerhana Bulan di kediaman pribadinya (Istimewa/Diskominfo)

Selain itu, baik juga untuk memperbanyak sedekah. "Apalagi saat ini masih bulan Syawal yang dianjurkan memperbanyak amal ibadah, termasuk puasa sunnah enam hari," katanya. 

Dalam pelaksanaan salat gerhana ini, ditutup dengan doa bersama agar pandemik COVID-19 segera berlalu dan kondisi masyarakat Sumut segera pulih seperti semula.

3. Gerhana bulan total tahun ini sangat spesial dan disebut sebagai Bulan Merah Super

Salat Gerhana Bulan di Rumahnya, Ini Doa Gubernur Edy RahmayadiANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Untuk diketahui, gerhana bulan total tahun ini sangat spesial dan disebut sebagai Bulan Merah Super atau Super Blood Moon. Hal tersebut dikarenakan bulan tampak merah dan lebih besar dari biasanya. Merahnya bulan tersebut terjadi akibat pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

Baca Juga: 5 Fakta Gerhana Bulan Total Super Blood Moon dan Cara Melihatnya

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya