Presiden Mahasiswa USU Minta KPU Medan dirikan TPS Khusus di kampus

Ribuan mahasiswa daftar pindah memilih

Medan, IDN Times - Pemilu serentak akan diselenggarakan pada 17 April 2019. Pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah ini tentunya mengambil hati para mahasiswa agar turut serta andil dan berpartisipasi untuk memilih.

Nah, melihat banyaknya mahasiswa yang kuliah di sejumlah perguruan tinggi di Medan yang berasal dari luar daerah, Presiden Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) M. Iqbal Harefa berharap kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Medan untuk mendirikan tempat pemungutan suara di kampus-kampus.

Ia menyampaikan, pihaknya sangat berharap KPU Kota Medan dapat mendirikan TPS di dalam kampus, agar dapat menampung pemilih dari luar daerah mengingat posisi kampus berada di tengah-tengah kost-kostan mahasiswa. 

Baca Juga: Lagi Merantau ke Medan Tapi Pengin Mencoblos, Yuk Lapor ke Tempat Ini

1. Ada ribuan pemilih pindahan yang bakal menggunakan formulir A5

Presiden Mahasiswa USU Minta KPU Medan dirikan TPS Khusus di kampuswww.google.com

Menurut Iqbal, jika pemilih pindahan tersebut disisip di TPS luar kampus, tidak akan bisa menampung, karena ada ribuan pemilih pindahan yang bakal menggunakan formulir A5. 

"Prediksi kami ada seribu lebih mahasiswa yang bakal mengurus pindah memilih. Jumlah ini tidak akan bisa tertampung jika tidak didirikan TPS khusus," kata Iqbal seperti dilansir dari Antara Sumut

2. Bertanggung jawab menyelamatkan hak pilih masyarakat khususnya mahasiswa di USU

Presiden Mahasiswa USU Minta KPU Medan dirikan TPS Khusus di kampusDok.IDNTimes

Ia juga mengatakan, sejak awal pihaknya sudah aktif berkampanye anti golput, tolak hoax dan tolak politik uang yang semuanya dalam upaya menyukseskan Pemilu Serentak 2019.

Sebagai lembaga aspirasi mahasiswa Pema USU punya tanggung jawab moral dalam menyelamatkan hak pilih masyarakat khususnya mahasiswa di USU. 

3. Pema USU secara aktif meminta agar Posko DPTb dibuka di Kampus USU

Presiden Mahasiswa USU Minta KPU Medan dirikan TPS Khusus di kampusIDN Times / Aan Pranata

Oleh karena itu, Pema USU secara aktif meminta agar Posko DPTb dibuka di Kampus USU demi memudahkan mahasiswa mendaftar pindah memilih. 

"Banyak banyak mahasiswa luar daerah yang sangat berkeinginan bisa menggunakan hak pilihnya di Medan namun enggan datang ke KPU Kota Medan untuk mengurus karena dianggap jauh. jadi dengan dibukanya posko-posko agar mahasiswa bisa menguruh pindah memilih sangat tepat," katanya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Medan M. Rinaldi Khair mengatakan ada 1.008 mahasiswa yang berasal dari luar Medan terselamatkan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2019  karena telah mengurus surat pindah memilih atau formulir A5 di Posko DPTb Kampus USU. 

Baca Juga: Mulai Senin Depan, KPU Medan Akan Buka 172 Posko Pindah Memilih

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya