Comscore Tracker

Cegah Virus Corona, Ini Peralatan yang Disediakan di Bandara Kualanamu

Pembagian masker secara berkala juga dilakukan

Medan, IDN Times - Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) Bandar Udara Internasional Kualanamu bersama seluruh stakeholder terus melakukan komunikasi dan koordinasi dalam memastikan prosedur upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) dijalankan dengan sesuai ketentuan. Upaya pencegahan dilakukan sejak awal tahun hingga saat ini.

Djodi Prasetyo, EGM PT Angkasa Pura II mengatakan komunikasi dan Koordinasi intensif dilakukan antara operator bandara yakni PT Angkasa Pura II dengan Otoritas Will 2 Bandara, Kantor Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder lainnya.

“Tim Facilitation [FAL] yang dipimpin oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah II sudah diaktifkan sebagai wadah komunikasi dan koordinasi di antara stakeholder di Bandar Udara Internasional Kualanamu,” ujar Djodi saat dihubungi IDN Times, Selasa (3/3). 

1. Fasilitas di KNIA telah dilengkapi berbagai sarana untuk mencegah penyebaran COVID-19

Cegah Virus Corona, Ini Peralatan yang Disediakan di Bandara KualanamuIDN Times/Prayugo Utomo

Djodi mengatakan, fasilitas di KNIA telah dilengkapi berbagai sarana untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Selain thermal scanner, juga terdapat thermo gun, kapsul isolasi, hingga lebih banyak hand sanitizer dan pembagian masker secara berkala.

Baca Juga: Imigrasi Medan Akan Tolak WNA Dari Tiongkok yang Masuk ke Kualanamu

2. Rencana kontingensi apabila terdapat penumpang pesawat yang terdeteksi terjangkit COVID-19 pun sudah disiapkan

Cegah Virus Corona, Ini Peralatan yang Disediakan di Bandara KualanamuBandara Kualanamu memperketat pengawasan terhadap penumpang yang masuk dari penerbangan Internasional. Kualanamu dipasangi thermal scanner untuk mendeteksi suhu tubuh orang yang diduga terjangkit Corona (Albert Ivan Damanik for IDN Times)

Rencana kontingensi apabila terdapat penumpang pesawat yang terdeteksi terjangkit COVID-19 pun sudah disiapkan.

"Jika ada laporan dari pilot, maka pesawat diarahkan terlebih dahulu untuk menuju area karantina," ujar Djodi.

3. Hari ini Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan surat edaran agar pemeriksaan terhadap penumpang rute internasional yang tiba di seluruh bandara di Indonesia dapat ditingkatkan

Cegah Virus Corona, Ini Peralatan yang Disediakan di Bandara KualanamuIlustrasi bandara. (IDN Times/Ayu Afria)

Djodi mengatakan, pada hari ini Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan surat edaran agar pemeriksaan terhadap penumpang rute internasional yang tiba di seluruh bandara di Indonesia dapat ditingkatkan dan dilakukan secara masif.

“Kami memastikan seluruh pemeriksaan penumpang yang baru tiba dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan dibagi dalam beberapa lajur. Maskapai juga akan menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi Health Alert Card,” jelas Djodi.

Baca Juga: Ruang Isolasi Virus Corona di Siantar, Bekas Ruangan Pasien Flu Burung

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya