Sinergi Inalum dan Jasa Tirta 1 untuk Konservasi Lingkungan Danau Toba

Tanam 100 ribu pohon di 250 hektare lahan Kabupaten Toba

Toba, IDN Times - PT Inalum menginisiasi konservasi lingkungan sekitar Danau Toba. Ini merupakan rangkaian dari program Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (PJPSDA) bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1 sebagai bentuk komitmen perusahaan plat merah yang bergerak di bidang peleburan aluminium itu untuk melestarikan lingkungan Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba.

Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan nersama antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba
perihal Kegiatan Konservasi Danau Toba di Aula Kantor Bupati Toba, Balige 2 Juni 2021 lalu.

1. Pemkab Toba butuh dukungan dalam pelestarian alam dan lingkungan Danau Toba

Sinergi Inalum dan Jasa Tirta 1 untuk Konservasi Lingkungan Danau TobaPenandatanganan kesepakatan bersama antara PT Inalum (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba untuk Pelestarian Lingkungan Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

.Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Inalum (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba sangat diperlukan untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Toba khususnya terkait pelestarian alam dan lingkungan.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Inalum atas kepeduliannya terhadap lingkungan terkhusus dalam hal konservasi Daerah Tangkapan Air Danau Toba, semoga kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik, tidak hanya di Kabupaten Toba namun juga di kabupaten lain yang berada di sekitar Danau Toba,” kata Poltak.

Wakil Bupati Tonny Simanjuntak beserta jajaran SKPD turut hadir. Sementara mewakili Inalum, Kepala Direktorat Operasi dan Produksi Rainaldy Harahap dan jajarannya, Direktur Operasional serta Joso Simamora dari Perum Jasa Tirta 1.

Baca Juga: Naikkan Air Muka Danau Toba, Inalum Pakai Teknologi Modifikasi Cuaca 

2. Inalum fokus jaga lahan-lahan kritis di DTA Danau Toba

Sinergi Inalum dan Jasa Tirta 1 untuk Konservasi Lingkungan Danau TobaPenandatanganan kesepakatan bersama antara PT Inalum (Persero), Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba untuk Pelestarian Lingkungan Danau Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara itu Kepala Direktorat Operasi dan Produksi PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Rainaldy Harahap mengatakan, Inalum tetap fokus untuk menjaga kelestarian Danau Toba.

“Inalum dan Perum Jasa Tirta 1 sebagai BUMN tetap fokus terhadap kelestarian Danau Toba terkhusus terhadap lahan-lahan kritis di DTA Danau Toba. Kelestarian Danau yang merupakan rahmat bagi kita sangat penting karena di samping untuk menjaga kondisi debit air yang mendukung kelancaran operasional Inalum namun juga untuk kesejahteraan masyarakat," kata Rainaldy.

Pihaknya akan melakukan eksekusi penanaman dan perawatan tanaman memerlukan dukungan dari Pemkab Toba. I"nalum juga mengajak semua pihak di sekitar Danau Toba untuk ikut serta melestarikan lingkungan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas," tambahnya.

3. Sebanyak 100 ribu pohon akan ditanam di lahan 250 hektare

Sinergi Inalum dan Jasa Tirta 1 untuk Konservasi Lingkungan Danau TobaPanorama Danau Toba dari Adian Nalambok, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (Dok Humas Kemenparekraf)

Kegiatan konservasi Inalum dan Jasa Tirta 1 di Kabupaten Toba direncanakan mencapai luas 250 hektare atau 100 ribu pohon dengan “Pola Tanam Rawat." Maksudnya, pohon yang ditanam akan dirawat selama 2 tahun sampai tanaman dimaksud benar-benar tumbuh.

Baca Juga: Inalum Produksi 245 Ribu Ton Aluminium, Capai 101 Persen Target

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya