Konfercab Serentak PDI-P, Ini Nama-nama Pengurus Terpilih Zona 2

Digelar serentak di 4 zona

Simalungun, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) serentak, Sabtu (13/7).  Konfercab itu dibagi menjadi empat zona yang digelar serentak.

Untuk zona I berlokasi di Kota Medan, yang diikuti seluruh jajaran pengurus DPC dari Binjai, Langkat, Deliserdang, Sergai, Tebingtinggi, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, dan Karo.

Zona II berlokasi di Mess Pemprovsu, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, dan peserta berasal dari Siantar, Simalungun, Tapanuli Utara (Taput), Toba Samosir (Tobasa), Samosir, Sibolga, Tapanuli Tengah (Tapteng), Dairi, Pakpak Barat, dan Humbang Hasundutan (Humbahas).

Sementara untuk zona III, peserta diisi seluruh pengurus DPC Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu Selatan (Labusel), Padanglawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Mandailing Natal (Madina), Tapanuli Selatan (Tapsel), dan Padangsidimpuan dan zona IV untuk Kepulauan Nias, terdiri dari Kabupaten Nias, Gunungsitoli, Nias Utara, Nias Selatan (Nisel), dan Nias Barat.

Konfercab zona II sendiri dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Sukur Nababan, Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Mangapul Purba, dan sejumlah kepala daerah, seperti Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Sekda Simalungun Gidion Purba, serta Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga.

1. Konfercab dipercepat dari jadwal biasanya

Konfercab Serentak PDI-P, Ini Nama-nama Pengurus Terpilih Zona 2IDN Times/Patiar Manurung

Mangapul Purba menjelaskan bahwa Konfercab ini dipercepat dari jadwal biasanya dan diharapkan semakin memperkokoh kekuatan partai, ideologi. Melalui konfercab mekanisme lima tahun ini seluruh kader PDI Perjuangan harus meningkatkan disiplin, tentunya akan terjadi perubahan generasi dalam struktur partai di setiap tingkatan.

Kepada pengurus terpilih diharapkan bisa bekerja keras sungguh-sungguh dengan penuh tanggungjawab, meningkatkan loyalitas, untuk memajukan partai. 

Di hadapan pengurus DPC dari 10 Kabupaten Kota dan utusan PAC, zona II, DPRD, Caleg terpilih, Mangapul Purba selaku Ketua Pemenangan Pemilu mewakili Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara, Japorman Saragih mengatakan, kemenangan PDI Perjuangan dua kali secara nasional berturut-turut merupakan sejarah.

Kemenangan PDI Perjuangan juga terjadi di Sumatera Utara dengan total memperoleh 146 DPRD di Kabupaten/Kota dan itu artinya ada 10 kader nantinya akan duduk sebagai ketua DPRD di 10 daerah, kemudian akan memperoleh 13 kursi sebagai wakil pimpinan di DPRD di 13 Kabupaten/Kota. Untuk DPRD Provinsi Sumut, PDI Perjuangan dipastikan menjadi ketua karena telah memperoleh kemenangan dengan 19 dewan.

Baca Juga: Wakil Bupati dan Sekda Simalungun Berebut Dukungan PDI-P untuk Pilkada

2. Pilkada Serentak Sumut 2020 jadi tantangan berikutnya

Konfercab Serentak PDI-P, Ini Nama-nama Pengurus Terpilih Zona 2Dok.IDN Times/istimewa

Untuk kemenangan Pilpres dan Pileg itu, Mangapul Purba menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras selama ini. Tapi, ia menegaskan, di depan juga ada tantangan yaitu memenangkan Pilkada serentak di Sumut 2020 dan juga mempersiapkan diri di Pilpres tahun 2024. "Mempertahankan lebih berat dibandingkan merebut. Mari kita bekerja penuh dedikasi dan memenuhi perintah partai," ucap Mangapul.

Tugas lain yang tidak kalah penting bagi seluruh kader khususnya ketua DPC PDI Perjuangan periode 2019-2024, kata Mangapul Purba adalah pendirian kantor PDI Perjuangan sebagai aset pribadi di setiap Kabupaten/Kota sebagaimana yang telah ada di DPD PDI Perjuangan Sumut. Menurutnya ini penting untuk membangun ideologi bangsa dan prasasti PDI Perjuangan. 

3. Ketua DPC PDI Perjuangan diingatkan tidak membangun kerajaan keluarga di dalam partai

Konfercab Serentak PDI-P, Ini Nama-nama Pengurus Terpilih Zona 2IDN Times/Patiar Manurung

Dalam kesempatan yang sama, ketua DPP PDIP Sukur Nababan mengingatkan agar seluruh kader dan jajaran pengurus tidak membangun kroni dan membangun kerajaan keluarga. "Partai harus kuat. Siapapun nanti yang ditetapkan DPP sebagai ketua, sekretaris dan bendahara, jangan membangun kroni. Jangan membangun kerajaan keluarga. Jangan jadikan partai untuk kepentingan pribadi," kata Sukur menegaskan.

Sukur berharap, kader dan jajaran pengurus PDIP dapat menyebar ke seluruh daerah. "Tokoh muda, tokoh pendidikan, agama, budaya, masyarakat, ambil!  Saya yakin masih banyak anak-anak bangsa yang nasionalis. Kita berada di ruangan ini bersama-sama bukan seragam karena itu bisa dipakai siapa saja. Tapi sebagai kader PDI Perjuangan memiliki satu tujuan yaitu ideologi Pancasila. Itu yang menyatukan  kita," ucapnya.

4. Berikut nama pengurus DPC terpilih dalam Konfercab serentak PDI-P Zona II

Konfercab Serentak PDI-P, Ini Nama-nama Pengurus Terpilih Zona 2IDN Times/Patiar Manurung

Untuk Zona II berikut pengurus DPC PDI-P yang terpilih:

Siantar: Timbul Lingga (ketua), Nurhayati (Sekretaris) dan Daniel Manangkas Silalahi (bendahara)

Simalungun: Samrin Girsang (ketua), Mariono (sekretaris), dan Rospita Sitorus (bendahara).

Sibolga: Edi Polo (ketua), Frangky (sekretaris), dan Laosoki (bendahara)

Tapanuli Tengah: Horas (ketua), Willy (sekretaris) dan Camelia (bendahara)

Humbahas: Dosmar Banjarnahor (ketua), Keppler (sekretaris), dan Minter (bendahara)

Tobasa: Mangatas Silaen (ketua), Sahat (sekretaris), dan Fernando (bendahara).

Tapanuli Utara: Nikson Nababan (ketua), Irpoltak (sekretaris) dan Tiurma (bendahara)

Samosir: Sorta (ketua), Marcellinus (sekretaris), dan Muda Sinaga (bendahara).

Dairi: Resoalon (ketua), Fitrianto (sekretaris), dan Anwar Sani (bendahara).

Pakpak Bharat: Yandra (ketua), Parulian (sekretaris) dan Besly (bendahara)

Baca Juga: PDI-P Unggul di Siantar, Berikut Caleg-caleg yang Diprediksi Lolos

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya