Libur Tahun Baru, Ini Aturan Masuk Tempat Wisata di Langkat

Berwisata tapi tetap harus berhati-hati

Langkat, IDN Times - Pergantian tahun biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Baik itu wisatawan lokal maupun luar kota akan mengunjungi lokasi-lokasi wisata guna mengisi hari libur panjang ini.

Beberapa pengelola pun menggunakan berbagai siasat. Sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman saat berkunjung. Terlebih di masa pandemik COVID-19. Beberapa aturan diterapkan pengelola wisata di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

1. Seluruh petugas sudah dilakukan vaksinasi tahap 1 dan 2

Libur Tahun Baru, Ini Aturan Masuk Tempat Wisata di LangkatSuasana digelar vaksinasi di Langkat (Dok. Istimewa)

Ketua Forum Komunikasi Wisata Bukit Lawang Miss Bakti mengakui, untuk kunjungan wisatawan pada libur akhir tahun. Seluruh tempat wisata termasuk kafe,  restoran dan hotel sudah siap untuk menerima wisatawan.

Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes), sesuai dengan anjuran pemerintah. "Dalam mempersiapkan kunjungan wisatawan, seluruh petugas yang akan melayani pengunjung sudah kita vaksin tahap I hingga tahap II," kata Bakti, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hotel untuk Kamu yang Berwisata di Langkat

2. Membatasi pengunjung dan hunian setiap lokasi wisata

Libur Tahun Baru, Ini Aturan Masuk Tempat Wisata di LangkatRindu Alam Hotel Bukit Lawang (bukitlawang.com)

Bukan hanya itu, dipaparkan dia, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan. Terlebih mengantisipasi penularan Covid-19, seluruh lokasi seperti kafe dan hotel juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

"Setiap hunian hotel juga kita batasi maksimal 75 persen dari kapasitas kamar. Hal ini sesuai dengan intruksi Mendagri no.66 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19," jelas dia.

3. Lonjakan pengunjung diprediksi akan meningkat dari tahun lalu

Libur Tahun Baru, Ini Aturan Masuk Tempat Wisata di LangkatPetugas memeriksa wisatawan yang akan berkunjung di Lawang Sewu Semarang saat pandemik. (dok. Lawang Sewu)

Dirinya juga memprediksi, pada saat liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Bukit Lawang akan mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan pada tahun sebelumnya lokasi wisata ditutup bagi wisatawan karena Pandemi Covid 19.

"Kami berharap, dengan diterimanya para wisatawan baik itu domestik maupun manca negara. Bisa membangkitkan perekonomian para pelaku usaha di lokasi wisata Bukit Lawang. Tentu kami tetap mematuhi protokol kesehatan agar varian baru COVID-19 (Omicron) tidak masuk ke lokasi wisata," tegas dia.

Lokasi Wisata Bukit Lawang, diketahui merupakan salah satu lokasi yang banyak di kunjungi wisatawan. Baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sini, keindahan alam terasa sangat menjanjikan dan terkenal hingga ke luar negeri. 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya