Comscore Tracker

Akan Diperiksa, Adik Ipar Terbit Dicopot dari Kasat Samapta Binjai

Sejumlah perwira Polres Binjai lainnya juga dimutasi

Binjai, IDN Times - Kapolda Sumut mengeluarkan Surat Telegram Nomor ST/319/IV/KEP 2022 pada 16 April 2022 lalu. Tercatat, ada sekitar seratusan perwira menengah dan pertama yang dimutasi dalam rangka pensiun hingga diperiksa.

"Ya benar, ada mutasi dari Polda Sumut. Beberapa perwira di Polres Binjai masuk dalam daftar mutasi," kata Kasi Humas Polres Binjai, Iptu Junaidi, Senin (18/4/2022).

1. Dimutasi, AKP ES merupakan adik ipar dari Bupati Langkat Nonaktif TRP

Akan Diperiksa, Adik Ipar Terbit Dicopot dari Kasat Samapta BinjaiSejumlah orang yang berada di dalam kerangkeng di rumah pribadi Bupati Langkat Nonaktif Terbit Rencana Peranginangin. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Salah satu nama perwira yang tercantum dan sedikit menyita perhatian adalah Kasat Samapta Polres Binjai, AKP ES. Diketahui, pria yang murah senyum ini merupakan adik ipar Bupati Langkat Nonaktif Terbit Rencana Peranginangin (TRP).

TRP diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa. Seiring berjalan, mencuat kasus kerangkeng dan perbudakan modern.

Baca Juga: Korban Ke-4 Kerangkeng Bupati Langkat Diduga Pendarahan di Kepala

2. LPSK sempat sebut-sebut nama AKP ES dalam pusaran kasus kerangkeng

Akan Diperiksa, Adik Ipar Terbit Dicopot dari Kasat Samapta BinjaiWarga memadati kerangkeng di Rumah Bupati Langkat Terbit Rencana PA, Rabu (26/1/2022) (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Ironisnya, mantan Kapolsek Sei Bingai ini disebut-sebut namanya oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dalam pusaran kasus kerangkeng manusia. AKP ES memiliki hubungan keluarga dengan Terbit Rencana PA (TRP) karena menikahi adiknya.

Adalah Sribana PA, yang diketahui saat ini sebagai Ketua DPRD Langkat. Dalam surat telegram yang ditandatangani Kombes Benny Bawensel selaku Karo SDM, pemutasian AKP ES sebagai Pama Bid Propam Polda Sumut dalam rangka pemeriksaan.

3. Berikut sejumlah perwira yang dimutasi di jajaran Polres Binjai

Akan Diperiksa, Adik Ipar Terbit Dicopot dari Kasat Samapta BinjaiTim Komnas HAM didampingi Kapolda Sumut mendatangi lokasi kerangkeng di rumah Dinas Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana, Rabu (26/1/2022). (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Selain itu, ada juga sejumlah perwira di Polres Binjai yang dimutasi. Mereka antara lain AKP Feriawan yang sebelumnya menjabat Kapolsek Selesai. Sementara jabatan yang ditinggalkan AKP Feriawan, diisi oleh AKP Djoko Lelono yang sebelumnya Kasat Lantas Polres Binjai.

Jabatan yang ditinggalkan AKP Djoko Lelono diisi oleh AKP Binsar Naibaho dari Ditlantas Polda Sumut. Terakhir jabatan Kasatres Narkoba Polres Binjai diisi oleh AKP Irvan Rivaldi Pane, menggantikan AKP Firman Imanuel PA.

"Mutasi adalah hal yang biasa sebagai bentuk pengembangan karir dan kebutuhan organisasi," tegas Junaidi.

Baca Juga: 8 Tersangka Kerangkeng Bupati Terbit Akhirnya Ditahan Polisi

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya