Rider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Para rider akan berangkat touring dari Medan ke Malang

Medan, IDN Times - Jelang Honda Bikers Day (HBD) Nasional di Malang yang akan digelar pada akhir Oktober 2023 mendatang, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengajak Sumut Honda Bikers mengikuti serangkaian aktivitas sejak pembekalan keselamatan berkendara.

Mulai safety touring serta pelatihan terkait basic life support saat melakukan touring jarak jauh. Tak ketinggalan juga soal pertolongan pertama pada kecelakaan. 

Kegiatan pembekalan “Cari Aman Gas ke Honda Bikers Day “ ini berlangsung di Kopi Toast Café pada 28 September 2023.

Acara ini diikuti puluhan bikers dari berbagai komunitas motor yang tergabung dalam keluarga besar Sumut Honda Bikers. Di antaranya CBR Riders Medan, Honda Streetfire Club Indonesia (HSFCI) Medan, Honda ADV Indonesia (HAI) Medan, CB150X Adventure Id Medan.

Ada pula Vario Owners Club Medan (VOCMED), Vario Honda Matic Club (VANATIC), Honda PCX Club Indonesia (HPCI) chapter Medan, dan Honda CBR250RR Owner Indonesia (HCOI) chapter Medan.

1. Diajarkan pembagian peran dalam touring jarak jauh

Rider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada KecelakaanRider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (Dok. IDN Times)

Dalam kegiatan ini, para bikers mendapat kesempatan mengasah keterampilan berkendaranya sekaligus pembekalan terkait penggunaan safety riding gear saat turing seperti halnya helm, jaket, dan protector kits, serta pengetahuan terkait pembagian peran dalam touring jarak jauh sebagai Road Captain dan Sweeper.

Para bikers yang hadir juga diperkenalkan dengan jalur utama dan jalur alternatif yang aman untuk dilalui menuju lokasi Honda Bikers Day.

Tidak hanya itu, para bikers juga mendapatkan pelatihan basic life support, terkait pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan dari para tenaga tim medis.

2. Sangat bermanfaat sebagai bekal bagi para bikers

Rider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada KecelakaanHonda Bikers Day (HBD) Regional Sumatera di PKOR Way Halim, Lampung, Sabtu (23/9/2023). (Dok. IDN Times)

Materi dan peraktek terkait pengetahuan dasar pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) juga diberikan Honda untuk membuka wawasan para bikers dengan prinsip dasar pertolongan pertama pada luka ringan hingga luka berat seperti halnya patah tulang pada korban kecelakaan.

Bro Fahmi dari HPCI chapter Medan mengatakan, sangat mengapresiasi kepedulian Honda membekali para bikers dengan pengetahuan safety riding hingga basic life support.

Menurutnya ini tentu akan sangat bermanfaat sebagai bekal bagi para bikers untuk berkendara aman menuju HBD Nasional, karena selama berkendara di jalan harus sudah siap dengan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.

3. Memastikan kesiapan para bikers yang akan berangkat ke Malang

Rider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada KecelakaanRider Medan Dilatih Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (Dok. IDN Times)

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy mengungkapkan, bahwa pembekalan ini merupakan bentuk tanggung jawab Honda memastikan kesiapan para bikers yang akan melaksanakan touring menuju HBD Nasional dengan mengutamakan #cari_aman di jalan.

Pihaknya juga berharap pembekalan ini dapat meningkatkan kesadaran para bikers agar memprioritaskan keselamatan berkendara saat turing jarak jauh dan dapat tiba di lokasi HBD dengan selamat.

Baca Juga: Warga Laporkan Anggota DPRD yang Viral Pakai Jaket Ojol ke BKD

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya