PKS Berpeluang Dukung Edy Rahmayadi Jadi Cagub Sumut Lagi

Edy akan ambil formulir juga ke PKB

Medan, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka peluang untuk mendukung kembali Edy Rahmayadi sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara. Pada Pilgub Sumut 2019, PKS juga mendukung pasangan Edy-Ijeck bersama Golkar, Gerindra, Hanura, PAN, dan NasDem.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan DPW PSK Sumut Amsal Nasution saat menerima tim Edy Rahmayadi mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Gubernur ke DPW PKS Sumatera Utara, pada Selasa (23/4/2024).

Kata Amsal Edy adalah calon Gubernur pertama yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Gubernur Sumut ke PKS.

"Kebetulan kalau di provinsi ini baru pertama, jadi Pak Edy mengambil (formulir) pertama di DPW PKS," kata Amsal.

Bagi PKS Edy bukan lah orang lain. Apalagi dia merupakan Ketua tim pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Koalisi Perubahan bersama PKS, PKB dan NasDem.

1. Pak Edy bukan orang lain

PKS Berpeluang Dukung Edy Rahmayadi Jadi Cagub Sumut LagiKetua Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (Dok. IDN Times)

Selain itu PKS menilai kinerja Edy selama memimpin Sumut sangat baik. Penilaian itu pun lanjut Amsal menjadi pertimbangan yang baik untuk PKS mendukung Edy melanjutkan kinerjanya di Sumatera Utara.

"Saya pikir mengenai kebijakan (mendukung Edy) nanti ini kan ada proses ya sesuai dengan mekanisme yang ada, tetapi kan Pak Edy bukan orang lain, 5 tahun yang lalu kita dukung beliau dan selama ini kerja sama sudah bagus, tentu saja itu bagian dari pertimbangan untuk melanjutkan kerja sama kedepannya," kata Amsal.

2. Tim Edy sudah berkoordinasi dengan seluruh partai yang ada di Sumut

PKS Berpeluang Dukung Edy Rahmayadi Jadi Cagub Sumut LagiMantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai memberikan hak suaranya (IDN Times/Prayugo Utomo)

Edy Rahmayadi secara resmi telah mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Sumut ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kehadiran Edy di DPW PKS Sumut diwakilkan oleh tim pemenangannya Darlan Harahap.

"Hari ini kita datang ke PKS untuk datang ke mengambil formulir di PKS sebagai Gubernur. Muda mudahan PKS bisa menerima pak Edy untuk mendaftar di PKS. Ini kemarin sudah ke PDIP kita ke PKS," kata Darlan.

Darlan mengatakan, pihak sejauh akan terus berkoordinasi dengan seluruh partai yang ada di Sumut.

Khususnya bagi partai yang tergabung dengan Koalisi Perubahan yang mendukung pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) pada saat pemilihan presiden kemarin.

3. Edy direncanakan akan mengambil formulir pendaftaran ke PKB

PKS Berpeluang Dukung Edy Rahmayadi Jadi Cagub Sumut LagiEdy Rahmayadi saat menjabat Gubernur Sumut periode 2018-2023 (Diskominfo Sumut)

Usai PDIP dan PKS, Edy direncanakan akan mengambil formulir pendaftaran ke Partai Kebangkitan Bangsa.

"Kita berpikir pengurus Sumatera Utara ini akan lebih banyak lebih bagus kepada partai-partai mudah-mudahan kita paham terus untuk partai lain kita masih coba seperti PKB, tapi yang jelas pikiran kita partai Amin yang kemarin itu (beri dukungan)" sambung Darlan.

Darlan menyebut, komunikasi dengan seluruh partai juga terus di jajaki. Menurut saat ini sangatlah penting untuk mencari persamaan pandangan dengan partai partai politik dalam menghadapi pemilihan Gubernur Sumut 27 November 2024.

"Dan partai yang lain juga yang sepaham dengan Pak Edi kita mainkan juga. Untuk pengembalian formulir pendaftaran tentu kami terus koordinasi karena memang tidak ada batas waktu juga namun yang jelas kami akan mengembalikan formulir pendaftaran di waktu yang tepat," kata Darlan.

Baca Juga: Edy Rahmayadi Bacagub Sumut Pertama yang Ambil Formulir ke PKS

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya