Mengenal Ahmad Zarnawi, Dokter Gigi yang Jadi Wakil Bupati

Mesra dua periode bersama Ali Sutan Harahap

Drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., M.M.,M.Si adalah seorang Wakil Bupati Padang Lawas selama dua periode. Ia menjabat sebagai wakil bupati sejak tahun 2014-2019, kemudian ia terpilih Kembali di periode berikutnya 2019-2024 bersama Bupati yang sama yaitu Ali Sutan Harahap.

Bahkan ia sempat menjabat Plt Bupati Padanglawas saat Bupati Ali Sutan Harahap sedang sakit. 

Yuk simak profilnya.

1. Mesra dua periode bersama Ali Sutan Harahap

Mengenal Ahmad Zarnawi, Dokter Gigi yang Jadi Wakil BupatiGubernur Edy Rahmayadi usai rapat bersama TSO dan Ahmad Zarnawi (instagram/edy_rahmayadi)

Ahmad Zarnawi Pasaribu lahir di Pasar Ujung Batu, Sosa, Padang Lawas, Sumatera Utara pada tanggal 7 Semptember 1976. Ia dilantik sebagai Wakil Bupati Padang Lawas sejak 10 Februari 2014.

Ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang memiliki jiwa religius dan sangat humoris.

Ia maju bersama Ali Sutan Harahap pada tahun 2014 dan terpilih di periode tersebut. Di tahun berikutnya, mereka sepakat untuk Kembali mencalonkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Hal ini dilakukan karena Ahmad Zarnawi merasa masih banyak hal yang harus dilakukan untuk Padang Lawas, sehingga mereka kembali terpilih di Pemilu 2019 dan menjabat sebagai Wakil Bupati hingga sekarang.

2. Mendapat lisensi dokter gigi pada tahun 2006

Mengenal Ahmad Zarnawi, Dokter Gigi yang Jadi Wakil BupatiGubernur Edy Rahmayadi usai rapat bersama TSO dan Ahmad Zarnawi (Dok.Istimewa)

Sebelum menjadi Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas, Ahmad Zarnawi merupakan seorang dokter gigi. Ia mendapatkan lisensi dokter giginya jauh sebelum dilantik menjadi Wakil Bupati, yaitu pada 15 Desember 2006.

Di tahun 2011, masa berlaku STR (Surat Tanda Registrasi)-nya sudah berakhir. Hal ini dikarenakan Ahmad Zarnawi sudah fokus mengabdi melalui jalur politik.

Meski sudah tidak aktif di dunia kedokteran lagi, namun Ahmad Zarnawi tetap menunjukkan kepeduliannya di dunia Kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa program yang ia usung dan dukung pelaksanaannya.

Misalnya pada Hari Peringatan Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia (World Oral Health Day), Ia menghadiri kegiatan penyuluhan cara sikat gigi yang baik dan benar di SDN 0507 Latong Kabupaten Padang Lawas. Dengan peserta sebanyak 500 orang, ia berharap anak-anak mampu menjaga kesehatan giginya sampai kelak mereka dewasa.

3. Dikenal sebagai pemimpin bersahaja

Mengenal Ahmad Zarnawi, Dokter Gigi yang Jadi Wakil BupatiBupati Palas Ali Sutan (kiri) dan Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu (Dok. IDN Times)

Ahmad Zarnawi dijuluki sebagai “Sang Pemimpin Bersahaja” oleh para wartawan Padang Lawas. Hal ini dikarenakan para wartawan mengetahui bagaimana dedikasi yang dilakukan oleh Ahmad Zarnawi selama menjabat sebagai Wakil Bupati.

Saat terjadi tanah longsor dan banjir di kawasan sungai Apuk Torop, Ahmad Zarnawi terjun langsung untuk menyaksikan lokasi bencana alam dan memastikan perbaikan akan segera dilaksanakan. Dengan sikapnya yang bersahaja itu, tidak salah kalau banyak orang kagum dengan Ahmad Zarnawi.

Menjadi Wakil Bupati merupakan suatu profesi yang diharapkan bisa mendukung segala bentuk usaha masyarakat. Hal ini dilakukan oleh Ahmad Zarnawi dengan mendukung penuh Gerakan Pramuka, karena ia berharap generasi muda ungguh bisa terbentuk lewat kegiatan pramuka tersebut.

Ia menganggap kegiatan pramuka adalah kegiatan yang inovatif, konstruktif dan kreatif. Ia mengarahkan beberapa program seperti program ketrampilan, pendidikan mental, pendidikan kepribadian, karya bakti dan lain sebagainya. 

4. Spontan membantu bocah disabilitas

Mengenal Ahmad Zarnawi, Dokter Gigi yang Jadi Wakil BupatiDari kiri: Ali Sutan alias TSO, Gubernur Edy, dan Zarnawi (Dok. IDN Times)

Tidak mengherankan jika banyak orang menyebutnya sebagai Sang Pemimpin Bersahaja. Ahmad Zarnawi tidak pernah sungkan turun langsung ke lapangan untuk membantu dan mengawasi masyarakat secara langsung.

Ia pernah langsung keluar dari mobil saat melihat seorang bocah disabilitas yang mengesot di jalan raya. Ia langsung mengajak berbincang dan memberi bantuan pada bocah tersebut.

Dengan latar belakang Dokter Gigi, tidak heran jika Ahmad Zarnawi Pasaribuan memiliki kecerdasan yang sangat cemerlang. Selain itu ia juga merupakan sosok inspiratif yang mau membantu masyarakatnya secara langsung. 

Baca Juga: Kronologi Terjadinya Dua Bupati di Kabupaten Padanglawas

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya