Ingin Dongkrak PAD, Pemkab Simalungun Kerja sama dengan Bank Sumut

Kembangkan aplikasi sistem online penerimaan pajak daerah

Simalungun, IDN Times - Bupati Simalungun, JR Saragih menandatangani kerjasama dengan PT Bank Sumut, Rabu (15/5). Yakni untuk urusan penyelenggaraan pengembangan dan penggunaan aplikasi sistem online penerimaan pajak daerah melalui saluran distribusi (delivery channel) dibangun dan penyediaan alat perekam data transaksi usaha atau typing box.

Hal ini dilakukan dalam rangka optimalisasi penerimaan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

JR Saragih menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun siap untuk menjadi kabupaten percontohan pada program penggunaan aplikasi berbasis online PT Bank Sumut untuk peningkatan PAD dengan menggunakan alat perekam data transaksi usaha untuk pemungutan pajak pada hotel, restoran dan usaha lainnya yang ada di daerah Simalungun.

1. Pemkab Simalungun siap jadi percontohan pengembangan aplikasi

Ingin Dongkrak PAD, Pemkab Simalungun Kerja sama dengan Bank SumutDok. IDN Times/Istimewa

JR Saragih mengutarakan bahwa Pemkab Simalungun akan berkomitmen penuh dalam mendukung keberhasilan program tersebut berjalan dengan baik di wilayah Simalungun.

Menurutnya setiap program sudah pasti akan memiliki kendala dan permasalahan dalam penerapannya, untuk itu Bupati meminta semua pihak saling bekerjasama dalam penggunaan aplikasi tersebut.

"Kami akan berupaya maksimal dan siap menjadi daerah percontohan dalam pengembangan aplikasi ini. Badan Pendapatan Daerah bekerjasama dengan dinas terkait dan Bank Sumut kami harapkan dapat segera mensosialisasikan program ini pada masyarakat," ujar Bupati.

Baca Juga: Waspadai Cacar Monyet, Pengawasan Bandara Kualanamu Diperketat

2. Direktur Utama Bank Sumut puji Bupati Simalungun yang jemput bola

Ingin Dongkrak PAD, Pemkab Simalungun Kerja sama dengan Bank SumutDok. IDN Times/Istimewa

Direktur utama Bank Sumut M Budi Utomo dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kepedulian Bupati Simalungun merespon setiap program yang berkaitan dengan pencegahan korupsi dan sistem pelayanan terintegrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

"Kami sangat mengapresiasi kepedulian Bupati Simalungun menerima program kami ini. Biasanya kami yang datang menawarkan program ini kepada para kepala daerah, namun kali ini Bupati yang datang sebagai bentuk upaya mendukung program pencegahan korupsi di daerahnya," ujarnya.

3. Kerjasama ini bentuk dukungan terhadap KPK mencegah korupsi

Ingin Dongkrak PAD, Pemkab Simalungun Kerja sama dengan Bank SumutDok. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Bupati Simalungun, Dr JR Saragih, SH, MM  menghadiri rapat koordinasi (Rakor) pencegahan korupsi terintegrasi Se- Provinsi Sumatera Utara dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Tahun 2019 di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan penandatanganan komitmen Kepala Daerah yang baru dengan KPK, penandatanganan MoU antara Pemda dengan BPN dan PT Bank Sumut, optimalisasi pendapatan dan penertiban barang milik daerah, sosialisasi pemanfaatan data e-KTP serta launching gerakan sekolah berintegritas.

Pada rapat koordinasi ini Bupati Simalungun  menandatangani surat perjanjian kerja sama MoU antara Pemkab Simalungun dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam rangka optimalisasi pendapatan dan penertiban barang milik daerah begitu juga dengan 33 Kepala Daerah Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara yang disaksikan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah.

Kerja sama Pemkab Simalungun dengan PT Bank Sumut diyakini akan memberikan perubahan manajemen dan sekaligus meningkatkan pendapatan yang bermuara terhadap pembangunan yang lebih maksimal.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp45 Miliar untuk THR ASN Simalungun

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya